Prinsip Belajar

Prinsip belajar - Menurut Suprijono (2009, halaman 4-5), prinsip-prinsip belajar terdiri dari tiga hal, pertama, prinsip belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil belajar yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Prinsip Belajar


  1. Sebagai hasil tindakan rasional instrumental, yaitu perubahan yang disadari.
  2. Kontinu atau berkesinambungan dengan perilaku lainnya
  3. Fungsional atau bermanfaat sebagai bekal hidup
  4. Positif atau berakumulasi
  5. Aktif sebagai usaha yang direncanakan dan dilakukan
  6. Permanen atau tetap, sebagaimana dikatakan oleh Wittig, belajar sebagai “any relatively permanent change in an organisms behavioral reportoire that accurs as a result of experience”.
  7. Bertujuan dan terarah
  8. Mencakup keseluruhan potensi kemanusiaan

Kedua, belajar merupakan proses. Belajar terjadi karena dorongan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Belajar adalah proses sistemik yang dinamis, konstruktif, dan organik. Belajar merupakan kesatuan fngsional dari berbagai komponen belajar. 

Ketiga, belajar merupakan bentuk pengalaman. Pengalaman pada dasarnya adaah hasil interaksi antara peserta didik dan lingkungannya. William Burton mengemukakan, “A good learning situation consist of a rich and varied series of learning experiences unified around a virgorous purpose and carried on in interaction with a rich varied and propocative environtment”.

Thanks Sitirogayah.com

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.28

Ditulis Oleh : Budi OryzaSativa ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Prinsip Belajar yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top