Sabtu, 09 Mei 2015

Pengertian Kedudukan (status)

| Sabtu, 09 Mei 2015
Pengertian Kedudukan (status) - Kedudukan atau status sosial merupakan posisi seseorang secara umum dalam masyarakat dalam hubungannya dengan dengan orang lain. Posisi orang menyangkut ruang lingkup pergaulannya, prestige, hak-hak dan kewajibannya. Secara abstrak, kedudukan berarti tempat seseorang dalam pola tertentu.. Bahkan, seseorang bisa mempunyai beberapa kedudukan karena memiliki beberapa pola kehidupan. Contohnya, tuan X sebagai warga masyarakat merupakan kombinasi dari segenap kedudukannya sebagai guru, kepala sekolah, ketua LKMD, suami dari nyonya S, dan ayah dari anak-anaknya.

Kedudukan George Alexander Louis of Cambridge (Keturunan Raja Inggris)
Kedudukan sebagai seorang hakim


Kedudukan Tuan ku Imam Bonjol sebagai Pahlawan

Menurut Ralph Linten, dalam kehidupan masyarakat terdapat tiga macam cara memperoleh status, yaitu ascibed status, achieved status, dan assigned status.
  1. Ascribed status merupakan status seseorang yang dicapai dengan sendirinya tenpa memperhatikan perbedaan rohaniah dan kemampuan. Status tersebut bisa diperoleh sejak lahir. Contoh, anak yang lahir dari keluarga bangsawan dengan sendirinya langsung memperoleh status bangsawan. Seseorang warga kasta Brahmana di India memperoleh kedudukan terhormat karena orangtuanya tergolong dalam kasta yang bersangkutan. Pada umumnya, ascribel status lebih banyak dijumpai pada masyarakat dengan sistem lapisan yang tertutup dan masyarakat feodal. 
  2. Achieved Status merupakan status yang diperoleh seseorang dengan usaha-usaha yang disengaja. Status ini tidak diperoleh atas dasar keturunan, akan tetapi tergantung pada kemampuan indiovidu-individu dalam mencapai tujuan-tujuannya. Jadi status ini bersifat terbuka bagi siapa saja. Contoh setiap orang bisa menjadi hakim asalkan memenuhi persyaratan tertentu, seperti lulusan fakultas hukum, memiliki pengalaman kerja dalam bidang hukum lulus ujian sebagai hakim.
  3. Assigned Status merupakan status yang diperoleh dari pemberian pihak lain. Assigmed status mempunyai hubungan yang erat dengan achieved status. Artinya suatu kelompok atau golongan memberikan status yang lebih tinggi kepada seseorang yang berjasa. Status ini diberikan karena orang tersebut telah memperjuangkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Contoh assigned status adalah gelar pahlawan revolusi, siswa teladan, dan peraih kalpataru.
Di dalam suatu masyarakat, seseorang bisa mempunyai beberapa status. Bahkan, dalam waktu yang bersamaan, dia menjalankan beberapa status sekaligus. Contoh, Pak Supardan adalah seorang kepala sekolah SD

Related Posts

1 komentar:

  1. gak boleh di copast tapi tidak menyebutkan sumber tulisan ckckck

    BalasHapus