Rabu, 07 Oktober 2015

Pengertian Kepadatan Populasi

| Rabu, 07 Oktober 2015

Pengertian Kepadatan Populasi - Pertambahan penduduk akan meningkatkan kepadatan populasi pada suatu daerah. Apaakaah yang dimaksud kepadatan populasi? Kepadatan populasi adalah jumlah individu persatuan luas atau volume ruang yang ditempati, pada waktu tertentu. Misalnya, pada tahun 2002 kepadatan populasi di kelurahan Subur Makmur adalah 50.000 per km. Artinya, setiap lahan setiap 1 km di huni 50.000 jiwa.
Kepadatan Populasi

Kepadatan Populasi di Ibu kota
Kepadatan populasi pada suatu daerah atau Negara senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu berikutnya. Ada dua hal yang mempengaruhi perubahan kepadatan populasi organisme pada suatu daerah, yaitu sebagai berikut:
  1. Adanya individu yang datang, yaitu individu yang lahir dan yang datang dari tempat lain.
  2. Adanya individu yang pergi, yaitu individu yang mati atau yang pergi pindah ke tempat lain atau emigrasi.

Apabila luas suatu daerah tetap jumlah individu yang datang lebih besar daripada yang pergi maka kepadatan populasi akan meningkat. Sebaliknya, bila individu yang pergi lebih besar dari individu yang datang maka kepadatan populasi akan mengalami penurunan.

Ketersediaan ruang dan makanan yang cukup pada suatu daerah akan mendorong peningkatan jumlah individu. Ini berarti akan meningkatkan populasi, berarti meningkatkan kepadatan populasi. Meningkatnya populasi organisme pada suatu daerah akan menyebabkan terjadinya pertumbuhan populasi. Pertumbuhan populasi akan terus berlangsung selama lingkungan masih mampu menunjang kehidupan. Apabila populasi telah mencapai titik maksimum atau melebihi daya dukung lingkungan maka populasi akan menurun.

Kecepatan pertumbuhan populasi pendudduk dunia pada dasarnya bergantung pada besarnya natalitas dan mortalitas.
  • Natalitas atau angka kelahiran, adalah angka yang menunjukkan jumlah individu baru yang lahir per 1.000 penduduk pertahun. Natalitas menyebabkan populasi bertambah per satuan waktu. Jadi, natalitas merupakan faktor pendorong meningkatnya pertumbuhan populasi.
  • Mortalitas atau angka kematian adalah angka yang menunjukkan jumlah kematian per 1.000 penduduk per tahun. Mortalitas merupakan salah satu faktor utama yang mengontrol ukuran suatu populasi.

Peningkatan kepadatan populasi pada suatu daerah akan memunculkan berbagai dampak, di antaranya yaitu kemungkinanterjadinya kekurangan makanan, menurunnya ketersedian lahan, meningkatnya kebutuhan air bersih, dan kekurangan nutrisi yang berdampak menurunnya kesehatan masyarakat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar