Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Menjadi fasih berbahasa Inggris bisa tampak seperti tugas yang menakutkan. Namun, seperti perjalanan lainnya, bagian tersulit adalah mengambil langkah pertama. Ikuti lima cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula mudah berikut agar bahasa Inggris mu terdengar lebih lancar mulai hari ini. 

Cara Belajar Bahasa Inggris yang efektif




1. Tersenyumlah dan bernapas 

Tidak peduli seberapa tingkat bahasa Inggris mu, kepercayaan diri sangat penting. Saat kamu berbicara bahasa Inggris, tersenyum akan membuat mu merasa lebih percaya diri. Bahkan mungkin membantu mu mendapatkan beberapa teman baru. Pastikan kamu juga meluangkan waktu untuk bernapas saat berbicara. Jika kamu tidak bisa berkata apa-apa, cukup berhenti sejenak, tarik napas, dan kamu kan merasakan kepercayaan diri mu kembali. 

2. Hafalkan contoh dengan kosakata Jangan hanya menghafal daftar kata. 

Pastikan untuk menyertakan contoh juga. Jika kamu menggunakan kartu flash, tulis kalimat lengkap di setiap kartu sehingga kamu tahu cara menggunakan kata-kata dalam konteksnya. Buatlah contoh menjadi berkesan semaksimal mungkin dengan cerita lucu atau gunakan sesuatu yang berhubungan dengan hidup mu untuk membantunya melekat dalam pikiran mu. kartu flash untuk menghafal kosakata. 

3. Dengarkan 

Saat mendengarkan radio, berita, atau film berbahasa Inggris, perhatikan baik-baik apa yang kamu dengar. Simpan buku catatan untuk menuliskan frasa baru, dan cari atau tanyakan kepada guru mu tentang apa pun yang tidak kamu pahami. Jika kamu berbicara dengan penutur asli, jangan takut untuk meminta mereka menjelaskan idiom atau ekspresi apa pun yang tidak kamu pahami. Dengan belajar Bahasa Inggris dari dunia nyata maka akan membuat bahasa Inggrismu lebih relevan dan alami daripada belajar dari buku teks.

4. Latih otot mulut mu 

Bahasa Inggris mungkin menggunakan beberapa bunyi yang tidak kamu miliki dalam bahasa pertama mu. Untuk membuat suara ini akurat, kamu perlu mengembangkan otot di mulut dengan melatihnya. Berlatihlah berbicara dengan keras dan jelas di rumah dan rekam diri mu sendiri untuk memastikan kamu melakukannya dengan benar. Tonjolkan setiap suara saat kamu berlatih sendiri dan kamu akan merasa lebih mudah untuk berbicara dengan jelas dalam percakapan normal.

5. Salin seorang penutur asli 

Kamu dapat belajar banyak dengan meniru cara penutur asli berbicara. Pilih seseorang yang suaranya kamu suka dan temukan rekaman mereka berbicara. Pilih beberapa kalimat dalam rekaman dan praktikkan mengucapkannya sendiri persis seperti bunyinya di rekaman. Perhatikan bunyi setiap suku kata dan kata mana yang ditekankan. Ingat, bagaimanapun kamu melatih bahasa Inggris lisan mu, jagalah agar tetap menyenangkan dan relevan. Latih berbagai teknik dan lakukan secara teratur untuk mencapai tujuan mu berbicara bahasa Inggris dengan lancar.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.13

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top