5 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Berbeda dengan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat mendukung sistem pencernaan. Probiotik bisa dikonsumsi melalui makanan yang difermentasikan atau suplemen makanan. Jika kalian pernah mengkonsumsi yoghurt, berarti kalian pernah mengkonsumsi probiotik, yoghurt dan olahan lain seperti kombucha, dan kimchi mengandung bakteri probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat probiotik untuk kesehatan tubuh? Yuk mari simak penjelasannya.

Manfaat Probiotik
Susu mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan (sumber: suara.com)


Menyeimbangkan Bakteri Baik di Sistem Pencernaan

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Manfaat ini diduga adalah hasil dari kemampuan probiotik yang dapat mengembalikan keseimbangan alami bakteri di usus. Ketidakseimbangan berarti ada terlalu banyak bakteri jahat dan tidak cukup bakteri baik. Itu bisa terjadi karena penyakit, efek samping obat-obatan seperti antibiotik, dan termasuk pola makan yang buruk. Konsekuensi dari ketidakseimbangan ini dapat mencakup masalah pencernaan, alergi, masalah kesehatan mental, obesitas, dan lainnya. Probiotik biasanya ditemukan dalam makanan fermentasi atau dikonsumsi sebagai suplemen. Bakteri baik ini tampaknya aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang.

Mengobati Penyakit Diare

Bakteri probiotik berfungsi untuk membunuh bakteri jahat termasuk penyebab diare. Seperti diketahui, diare bersumber dari makanan yang kurang higienis maupun pencernaan kotoran. Nah, untuk mengobati penyakit yang disebabkan karena bakteri jahat sumber dari penyakit diare, maka dibutuhkan bakteri probiotik yang masuk dalam bakteri baik. Maka, bagi para penderita diare disarankan minum minuman probiotik sebanyak dua kali sehari.

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber dengan minuman probiotik dapat mengobati diare dan menghindari pasien mengalami sakit berat. Cara kerjanya, bakteri probiotik mencegah perlengketan kotoran pada dinding usus besar dengan cara melapisi dinding usus. Sehingga kotoran mudah bergerak ke bawah. Kemudian, bakteri baik dalam usus juga meningkatkan proses penghancuran kotoran menjadi lebih lembut. Kemudian, mudah dikeluarkan.

Menurunkan Berat Badan

Probiotik dapat membantu kita mengurangi lemak perut. Sejumlah probiotik dapat mencegah penyerapan lemak makanan dalam usus. Cara kerjanya, lemak tersebut dapat diekskresikan melalui feses daripada disimpan dalam tubuh. Probiotik juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Ini sebagian disebabkan oleh peningkatan kadar hormon tertentu.

Probiotik juga dapat membantu menurunkan berat badan secara langsung. Bahkan apabila dikonsumsi selama 12 minggu menghasilkan pengurangan lemak perut 8,5%. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua probiotik membantu penurunan berat badan. Bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Membantu pemulihan setelah sakit

Probiotik mampu pemulihan setelah sakit bagi si kecil, karena probiotik membantu menyeimbangkan kembali jumlah bakteri di pencernaan setelah minum obat antibiotic. Pasalnya, saat bekerja antibiotik bukan saja membunuh bakteri jahat, tetapi turut membunuh yang baik pula. Yang kemudian seringkali mengakibatkan si Kecil mengalami perut kembung, keram perut, atau diare. Salah satu manfaat probiotik adalah untuk membantu mengatasinya. Selain itu, probiotik juga dapat membantu memecah protein dan lemak di slauran cerna. Hal ini dapat membantu anak usia dini yang dalam masa pemulihan sehabis sakit.

Membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil.

Kebanyakan manfaat probiotik memang berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Nah, pencernaan sendiri merupakan salah satu organ penting dalam mendukung penyerapan zat gizi yang dibutuhkan anak dalam tumbuh kembangnya. Selain itu, 80% sel yang terdapat di pencernaan menghasilkan zat antibodi. Karena itulah mikroorganisme yang terdapat di pencernaan si Kecil berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain yang berkaitan dengan pencernaan, probiotik ternyata juga turut berperan dalam penyembuhan beberapa jenis gangguan kesehatan lainnya. Diantaranya adalah mencegah alergi dan pilek, membantu meringankan eksim pada kulit, menjaga kesehatan mulut, dan menurunkan risiko infeksi pernapasan. Probiotik sendiri bisa didapat dari berbagai jenis bahan pangan seperti yogurt, kefir, miso, dan tempe atau juga bisa ditemukan di susu yang dikonsumsi oleh sang buah hati.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.56

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top