Definisi Ilmu Gizi

makanan 4 sehat dan 5 sempurna
Definisi Ilmu Gizi - Ilmu gizi merukan ilmu terapan yang menggunakan berbagai disiplin ilmu dasar seperti biokimia, biologi, ilmu hayat dan ilmu penyakit sehingga untuk menjadi ahli gizi harus menguasai berbagai ilmu dasar yang relevan dengan kebutuhan ilmu gizi.
Istilah gizi atau ilmu gizi mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1950 an, sebagai terjemahan dari kata Inggris nutrition. Kata gizi sendiri berasal dari bahasa Arab ghidza yang berarti makanan. Kata ghidza dalam dialek Mesir di baca ghizi. Sementara itu ada juga yang menerjemahkan kata nutrition menjadi nutrisi. Terjemahan ini terdapat dalam bahasa kamus umum bahasa Indonesia Badudu-Zain tahun 1994. Ilmu makanan ternak dalam disiplin ilmu kedokteran hewan di sebut Ilmu nutrisi ternak makanan. Namun yang lazim dan resmi, baik dalam tulisan ilmiah maupun dokumen pemerintah seperti dalam buku REPELITA hanya di gunakan kata gizi.
Secara klasik gizi hanya di hubungkan dengan kesehatan tubuh yaitu untuk menyediakan energi, membangun, memelihara jaringan tubuh dan mengatur proses-proses kehidupan dalam tubuh. Tetapi sekarang gizi mempunyai pengertian lebih luas selain untuk kesehatan, juga di kaitkan debgan potensi ekonomi seseorang karena gizi berkaitan dengan perkembangan otak, kemampuan belajar dan produktivitas kerja.
Gizi (nutrition) adalah suatu proses organisasi menggunakan makanan yang di konsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluarkan zat-zat yang tidak di gunakan, untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.
Definisi ilmu gizi yang paling sederhana adalah ilmu yang menganalisis pengaruh pangan yang di konsumsi terhadap organisme hidup. Definisi yang lain menyebutkan bahwa ilmu gizi mempelajari hubungan antar manusia dan pangan yang di konsumsi serta pengaruhnya terhadap aspek kejiwaan dan kehidupan sosial yang meliputi juga aspek fisiologis dan biokimiawi.
WHO mengartikan ilmu gizi sebagai ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada organisme hidup yang untuk mengambil dan mengelola zat-zat padat dan cair pada makanan yang di perlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, berfungsinya organ tubuh untuk menghasilkan energi.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.30

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Definisi Ilmu Gizi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top