Pengertian Cermin Cembung


Pengertian Cermin Cembung - Cermin cembung adalah bagian dari sebuah bola yang memantulkan sinar dari bagian luar bola. Cermin cembung bersifat devergen, yaitu bersifat memancarkan sinar. Berkas sejajar sumbu utama dipantulkan berpencar. Mengacu pada argumen yang sama dengan pemantulan pada cermin cekung, maka dapat dirumusukan aturan pelukisan diagram sinar untuk cermin cembung sebagai baerikut:
  1. Sinar datang yang paralel dengan sumbu utama dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.
  2. Sinar datang yang menuju titik fokus dipantulkan paralel dengan sumbu utama.
  3. Sinar datang yang menuju pusat kelengkungan dipantulkan melalui lintasan yang sama.
 
Sinar yang datang menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama

Kaca Spion Mobil adalah Cermin Cembung
    Dua jenis sinar istimewa, yang pertama dan ketiga dilukisankan. Buktikan bahwa garis-garis pada gambar sesuai dengan aturan pelukisan diagram sinar untuk cermin cembung. Parhatikan bahwa sinar-sinar pantul seolah-olah muncul dari bayangan di belakang cermin. Bayangan ini bersifat maya, tegak, dan diperkecil.

    Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
    1. Jarak fokus (f) dan jari-jari (R) pada cermin cembung selalu bertanda negatif.
    2. Untuk benda nyata di depan cermin cembung, selalu berbentuk bayangan maya, jadi nilai s pada cermin cembung bertanda negatif.
    Untuk benda nyata yang terletak di muka cermin cembung selalu akan dihasilkan bayangan maya, tegak, dan perkecil. Oleh karena itu, cermin ini pengemudi dapat melihat kendaraan dibelakangnya dengan medan penglihatan yang lebih luas. Namun, karena bayangan yang dihasilkan lebih kecil, kendaraan dibelakangnya tampak lebih jauh daripada jarak yang sesungguhnya sehingga pengemudi perlu berlatih menafsirkan jarak yang sesungguhnya berdasarkan penglihatan bayangan dari kaca spion.

    Cermin cembung bentuknya cembung atau lengkung ke luar. Kalau sobat hitung punya perut buncit mirip dengan itu :D. Kalau sobat lihat kaca spion motor atau mobil, itulah contoh cermin cembung. Cermin cembung fokusnya bernilai negatif. Jadi dalam perhitungan matematisnya nanti f selalu bernilai negatif. Sifat bayang yang dibentuk cermin cembung selalu maya, tegak, dan diperkecil.

    Manfaat Cermin Cembung di Kehidupan Sehari-hari
    1. Cermin Cembung dipakai sebagai kaca spion berbagai alat transportasi
    2. Sebagai Cermin Pencegah Tabrakan yang sering dipasang di pertigaan atau di perempatan jalan
    Written by: Budianto
    Biologi Online, Updated at: 03.43

    Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

    Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Cermin Cembung yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Back to top