Pengertian Ilmu Kimia

Pengertian Ilmu Kimia Sulit untuk mendefinisikan ilmu kimia sehingga mencangkup semua ruang lingkup kimia. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa ilmu kimia adalah ilmu pemehaman dan rekayasa materi. Rekayasa yaitu mengubah suatu materi menjadi materi lain. Untuk dapat melakukan rekayasa tersebut, para ahli perlu memahami ilmu mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Ilmu Kimia

Cabang-cabang Ilmu Kimia

Interaksi Ilmu Kimia


Pertama, apa yang dimaksud dengan susunan materi? Cobalah renungkan pertanyaan berikut: Apakah air itu? Apakah hakikat perbedaan air dan zat lainnya, misalnya alkohol? Mengapa alkohol dapat terbakar, sedangkan air justru mematikan api? Dalam ilmu kimia, air dan alkohol digolongkan sebagai senyawa, yaitu perpaduan dari dua unsur atau lebih dengan komposisi tertentu. Unsur adalah zat yang paling dasar menyusun segala macam senyawa. Air adalah senyawa yang tersusun yang tersusun dari dua jenis unsur, yaitu Hidrogen, dan Oksigen, dengan rumus kimia H2O, sedangkan alkohol adalah senyawa yang tersusun dari tiga jenis unsur, yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen, dengan rumus kimia C2H2OH. Rumus kimia menyatakan susunan atau hakikat zat. Setiap zat mempunyai susunan tertentu yang berbeda dari zat lainnya. Para ahli kimia menentukan susunan setiap zat mempunyai susunan tertentu yang berbeda dari zat lainnya. Para ahli kimia menentukan susunan setiap zat melalui percobaan, mulai dari zat yang sederhana, seperti air, hingga zat yang sangat kompleks, seperti protein dan DNA. Pengetahuan tentang susunan zat pembantu pemahaman tentang sifat zat itu. Alkohol dapat terbaakar karena karbon, oksigen, dan hidrogen di dalamnya membentuk ikatan yang kurang stabil dan dapat bergabung dan bereaksi dengan oksigen di udara membentuk ikatan yang stabil. Di lain pihak, air merupakan senyawa yang tersusun dari hidrogen dan oksigen yang membentuk ikatan stabil. Air tidak dapat bereaksi dengan oksigen di udara karena tidak dapat membentuk ikatan yang lebih stabil.


Kemudian, apa yang dimaksud dengan struktur materi? Anda telah mempelajari bahwa materi terdiri atas partikel dasar yang disebut atom. Atom sejenis atau berlainan dapat bergabung membentuk molekul. Atom dan molekul bersifat netral. Atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik di sebut ion. Jadi, yang di maksud struktur materi adalah ganbaran tentang bagaimana atom-atom sering terikat. Struktur berpengaruh besar pada sifat-sifat materi. Intan dan grafis, keduanya tersusun dari atom karbon tetapi keduanya sangat berbeda bukan?Intan merupakan materi yang mempunyai kekerasan paling tinggi, sehingga dapat dipakai sebagai ”pisau” untuk memotong kaca; selain itu, karena kilaunya, intan dapat di pakai untuk perhiasan. Di lain pihak, grafik tidak mempunyai kekerasan yang tinggi dan dapat menghantarkan listrik. Grafik terdiri atas lapisan-lapisan yang mudah bergeser, sehingga dapat digunakan sebagai pelicin, seperti oli. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya perbedaan struktur intan dan grafit. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.27

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Ilmu Kimia yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top