Pengertian Ilmu

Pengertian Ilmu - Seorang filsulf Oxford University kontemporer Jerome R. Ravert dalam karyanya The Philosophy of Science, sampai saat ini mengakui bahwa ilmu merupakan sebuah kisah sukses luar biasa. Ilmu telah begitu berjasa dalam membentuk dunia yang kita huni sekarang dan sekaligus menentukan cara pandang kita tentang dunia ini.

Mencari Ilmu dengan membaca Buku


Perjuangan anak kecil melewati sungai untuk menimba Ilmu


Ilmu itu Mahal

 Kemenangan-kemenangan ilmu melambangkan suatu proses kumulatif peningkatan pengetahuan dan rangkaian kemenangan terhadap kebodohan dan takhayul; dan dari ilmulah kemudian mengalir arus penemuan yang berguna untuk kemajuan hidup manusia (Raverrtz, 2000: 3). Jika meminjam istilah Andrew Gregory dalam Eureka! The Birth of Science. "jika dengan teknologi orang mengetahui "bagaiman" melakukan sesuatu dengan ilmu, seseorang memiliki sebuah teori dari suatu penjelasan mengenai "mengapa" sesuatu harus terjadi? "(Gregory, 2002: 6). Akan tetapi, bagaimana dan mengapa ia beralih rupa menjadi cara berfikir yang baru dan progresif serta bersifat menyelidik atas dunia kita ini? dari manakah asal usul ilmu lahir? Siapa saja kah orang yang berpengaruh atas proses peralihan itu ? dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang menggelitik yang membuat kita terus bertanya-tanya. Ironisnya, walau terminologi ilmu di lingkungan poendidikan, khususnya pendidikan tinggi, hampir setiap waktu istilah tersebut diucapkan dan banyak ilmu yang diajarkan, serta begitu familiar istilah itu dikalangan mahasiswa sebagai calon ilmuwan, mungkin hanya saja sebagian kecil di antara mereka yang sudah memahami itu.

Di Indonesia, istilah ilmu pengetahuan demikian terbiasa, padahal istilah tersebut dapat dikatakansebagai "pleonasme" (The Liang Gie,1999: 85) suatu pemakaian kata yang lebih dari yang diperlukan. Dalam bahasa Inggris tidak ada istilah knowledge science. Cukup satu diantaranya "ilmu" itu ilmu, dan jika "pengetahuan" itu tetap pengetahuan, dan tidak pernah ada kata majemuk yang dipadukan seperti itu. Selain itu, di Indonesia menurut The Liang Gie (1999: 85-86) istilah ilmu atau science merupakan suatu perkataan yang bermakna jamak, yaitu sebagai berikut:
  1. Ilmu merupakan sebuah istilah umum untuk menunjuk pada segenap pengetahuan ilmiah yang mengacu kepada ilmu umum (science in general).
  2. Pengertian ilmu yang menunjuk pada salah satu bidang pengetahuan ilmiah tertentu, seperti biologi, antropologi, psikologi, geografi, sejarah, ekonomi, dan sebagainya. Sebenarnya, ilmu dalam pengertian yang kedua inilah yang lebih tepat digunakan khususnya di lingkungan akademis.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.10

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Ilmu yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top