Pengertian Jaringan

Pengertian Jaringan - Jaringan adalah tiap-tiap kumpulan protoplas yang mempunyai dinding atau merupakan suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama.

Jaringan Tumbuhan

Jaringan Pada Tumbuhan

Struktur jaringan pada daun

Dengan batasan di atas, terutama tentang makna anak kalimat "suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama" maka kita dapat mengetahui tumbuhan yang mempunyai jaringan dan tidak mempunyai jaringan. Pada tumbuhan yang uniselular atau terdiri dari satu sel (bacteria) tentunya tidak mempunyai jaringan, demikian pula tumbuh-tumbuhan yang rendah tingkat perkembangannya belum mempunyai jaringan. Jaringan-jaringan umumnya terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang tinggi perkembangannya, semakin tinggi tingkat perkembangannya semakin jelas pula adanya deferensiasi yang membentuk alat-alat tumbuhan yang berlinan.

Dalam pemngertian tentang kumpulan sel itu hendaknya kita tidak keliru dalam menafsirkannya, janganlah suatu tumbuhan yang banyak mempunyai sel selalu ditafsirkan sebagai jaringan. Pada tumbuh-tumbuhan golongan Algae (ganggang) tertentu misalnya, tumbuhan ini terdiridari banyak sel, akan tetapi masing-masing selnya itu masih aktif dalam segala proses hidupnya. Jadi hanya merupakan individu-individu yang mengumpul atau katakanlah kumpulan sel-sel, kelompok sel-sel atau lazim disebut koloni, yang jelas belum dapat dikatakan jaringan. Pada tumbuhan uniselular, yang belum mempunyai jaringan segala kegiatan proses hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri, seperti halnya dalam pengambilan zat-zat makanan, bernafas, fotosintetrsis, metabolisme, perkembangbiakan dan lain-lain. Dengan adanya jaringan-jaringan dalam tumbuhan, ini berarti bahwa tumbuhan tersebut telah ada pembagian dalam kegiatan-kegiatan proses hidupnya, dalam hal ini tiap jaringan biasanya hanya melakukan satu macam proses hidup.

Terjadinya jaringan tumbuhan ialah karena adanya atau berlangsungnya pembelahan dari sel-sel, yang ada dalam hal ini sel-sel yang terjadi tetap melakukan hubungan-hubungan dengan erat antara yang satu dengan yang lainnya. Selanjutnya pembentukan jaringan-jaringan tersebut sangat erat hubungannya pula dengan pembentukan berbagai alat pada tumbuhan (akar batang, daun, bunga, buah dan lain-lain).

Pada tumbuhan tertentu, misalnya golongan fungi -(jamur), pada tumbuhan ini telah tampak seakan-akan terjadi jaringan-jaringan, padahal yang sebenarnya bukanlah sedemikian. Perlu diketahui bahwa apa yang tampaknya seperti jaringan ini sesungguhnya adalah sel-sel yang bebas yang berhasil mengumpul dan membentuk semacam anyaman. Karena tampaknya seperti jaringan maka disebut plektenchym atau jaringan semu pada jamur.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.29

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Jaringan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top