Pengertian Evolusi

Pengertian Evolusi - Secara sederhana, konsep evolusi mengacu pada sebuah transformasi yang berlangsung secara bertahap. Walaupun istilah tersebut merupakan istilah umum yang dapat dipakai dalam berbagai bidang studi (McHenry, 2000: 453). Dalam pandangan para antropolog, istilah evolusi yang merupakan gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari suatu bentuk ke bentuk lain melalui mata rantai transformasi dan modifikasi yang tidak pernah putus, pada umumnya diterima sebagai awal landasan berfikir mereka. Konsep evolusi yang sering digandengkan dengan pengertian perubahan secara perlahan-lahan tapi pasti, memangdiawali dengan karya Charles Darwin dalam bukunya yang terkenal Origin of Species (1859).

Evolusi

Pengaruh Iklim terhadap evolusi manusia

Evolusi adalah perkembangan makhluk hidup dari bentuk yang sederhana ke betuk yang lebih kompleks menuju kesempurnaan secara bertahap dan memakan waktu yang sangat lama. Contoh dari binatang atau hewan kera menjadi manusia, ikan menjadi reptil, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, gagasan ini menyatakan ini menyatakan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya diperkirakan sudah sejak zaman Yunani kuno, sejumlah pemikir sejak masa itu telah membuat postulat yang serupa atau mendekati pengertian asal usul kehidupan yang revolusioner. Banyak pelopor sebelum Darwin, termasuk kakeknya sendiri, mengakui adanya keragaman dan diversitas kehidupan dengan mengajukan hipotesis tentang modifiksi evolusioner.

Gagasan tentang evolusi melalui seleksi alam merupakan gagasan utama Darwin dalam bukunya tersebut. Darwin dianggap telah mencapai pemahaman yang koheren meski tidak lengkap karena ia tidak tahu tentang proses hereditas atau pewarisan karakter yang kemudian ditemukan Gregor Mendel (Dobzhansky, 1962; Huxley, 1942) pengaruhnya begitu luas, bukan hanya bidang biologi saja, tetapi melebar ke bidang-bidang sosial budaya. Oleh karena itu, terminologi evolusi tidak berhenti dalam bidang biologi, tetapi merambah ke bidang lain sehingga dikenal istilah-istilah dan teori-teori, seperti Evolusi Keluarga, Evolusi Agama, Evolusi Sosial Budaya. Untuk nama yang terakhir, sering overlap dengan Darwinisme Sosial, di mana Herbert Spencer merupakan sumber pertama yang memunculkan jargon the survival of the fittest (daya tahan dari jenis atau individu yang memiliki ciri-ciri paling cocok dengan lingkungannya), sebagaimana tertuang dalam karyanya Principles of Sociology..
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.26

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Evolusi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top