Pengertian Peran

Pengertian Peran - Peran adalah salah satu keteraturan perilaku yang diharapkan oleh individu. Setiap hari, hampir semua orang harus berfungsi dalam banyak peran yang berbeda. Peran dalam diri seseorang ini sering menimbulkan konflik.

Peran Aliando dan Prilly sebagai seorang aktor dan aktris yang lagi populer saat ini

Peran ganda seorang Ibu yang mengasuh anak dan bekerja di kantor

Sebagai contoh, para guru sekolah dasar perempuan, diharapkan untuk mempersiapkan pengajaran IPS di sekolah setiap hari sebagai sebagai kewajiban profesinya, namun disisi lain ia pun bertanggung jawab sebagai istri dalam urusan keluarganya. Pada saat sore dan malam hari ia mengurus anak-anaknya di rumah serta keperluan rumah tangga lainnya, seperti mempersiapkan makanan untuk anak-anak dan suaminya, mengawasi anak-anaknya belajar, membereskan dan merawat kebersihan ruangan, perabot rumah tangga, dan sebagainya. Inilah yang sering disebut sebagai peran ganda dan peran semacam itu hampir terjadi pada setiap profesi.

Para siswa perlu juga diajarkan bahwa banyak peran yang tradisional sedang mengalami berbagai perubahan. Munculnya gerakan pembebasan (emansipasi) perjuangan hak-hak wanita dan kelompok gerakan protes lainnya telah menentang peran-peran wanita wanita tradisional di tahun-tahun terakhir ini. Terutama di negara-negara Barat yang perintisannya sejak beberapa abad yang lalu. Indonesia pun memiliki pejuang emansipasi wanita R.A. Kartini (1879-1904) gerakan feminisme merupakan salah satu arus budaya yang begitu kuat dewasa ini dan akan memiliki pengaruh yang kuat pula pada evolusi peran wanita yang berikutnya. Benarkah realitanya memang demikian? Mungkin sebagian orang mengakui akan adanya gerakan ini.

Dilihat dari jenisnya, menurut Linton (Horton dan Hunt, 1991: 122) peran ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu peran yang ditentukan atau diberikan (ascribed) dan peran yang diperjuangkan (achieved). Peran yang ditentukan artinya peran-peran yang bukan merupakan hasil prestasi dirinya atau berkat usahanya, melainkan semata-mata karena pemebrian orang lain. Contonya, gelar Raden, Raden Mas, Raden Ayu, Ida Bagus, Cokorda, Gusti, Nyoman, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan "peran yang diperjuangkan" (achieved) merupakan peran yang benar-benar hasil jerih payah atas usaha atau prestasinya sendiri, contohnya seorang meraih gelar akademis tertentu, menjadi seorang profesional, dan sebagainya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.52

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Peran yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top