Pengertian Hewan



Pengertian Hewan - Hewan merupakan mahluk hidup yang mampu beradaptasi di berbagai lingkungan. Hewan dapat hidup di laut, air tawar, kutub, dan padang pasir (gurun). Hewan yang ada hanya memakan hewan lainnya. Ada yang parasite, ada yang memakan tumbuhan dan hewan, serta ada juga yang hanya memakan tumbuhan saja. Hewan menampilkan struktur, peran dan aktivitas yang bervariasi. Mereka  dapat ditemukan dalam ukuran, warna, dan bentuk tubuh yang mengagumkan.

Hewan Unta hidup di daerah padang pasir

Pinguin Hidup di daerah kutub Utara

Untuk lebih mengenal hewan, ada baiknya kamu pahami beberapa ciri umum hewan berikut.

  1. Hewan merupakan mahluk hidup eukariotik multiselular (kelompok metazoan).
  2. Hewan tidak melakukan kegiatan fotosintesis. Hewan termasuk mahluk hidup heterotroph dan memperoleh energy dengan cara memakan mahluk hidup lain. 
  3. Hewan secara khas bereproduksi secara aseksual. 
  4. Sel hewan tidak memiliki dinding sel. 
  5. Hewan mmpu merespons dengan cepat terhadap rangsang dari luar. Kemampuan tersebut merupakan hasil aktivitas sel saraf, otot (jaringan kontraktif), atau keduanya. 
  6. \Hewan merupakan mahluk hidup yang motil (aktif bergerak) selama tahap tertentu dalam siklus hidupnya. Hewan yang diam (stasioner) sekalipun, misalnya hewan spons, memiliki tahap motil berupa larva yang berenang.

Semua hewan dipercaya sebagai hasil evolusi dari nenek moyang Protista. Diperkirakan ada sekitar 34 filum hewan yang hidup di planet bumi ini. Pada umumnya, para ilmuwan mengelompokkan dunia hewan berdasarkan ada tidaknya tulang belakang. Dalam hal ini, hewan dibedakan atas dua kelompok besar, yaitu invertebrate dan vertebrata. Invertebrate (bahasa Latin, in = vertebrae =tulang belkang) merupakan kelompok hewan tidak bertulang belakang, sedngkan vertebrata merupakan kelompok hewan bertulang belakang.

Berdasarkan persamaan dan perbedaannya, kelompok hewan invertebrate dapat dikelompokkan ke dalam beberapa filum. Hewan tersebut ada yang di kelompokkan ke dalam filum Porifera, Coelenterata, Plathyhelminhtes, Nhemathelminthes, Annelida, Mollusca. Anthropoda, Echinodermata, dan sebagian kecil ditempatkan ke dalam filum Chordata yang dikenal sebagai kordata invertebrate. Pada umumnya, filum Chordata terdiri atas hewan vertebrata yang ditempatkan dalam takson subfilum Vertebrata. Kelompok hewan vertebrata meliputi ikan, reptile, burung, dan mamalia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.51

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hewan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top