Pengertian Filum Annelida

Pengertian Filum Annelida - Kata annelida berasal dari bahasa Yunani, yaitu annulus, yang berarti gelang atau segmen. Jadi, Annelida adalah kelompok cacing yang tubuhnya bersegmen-segmen menyerupai cincing atau gelang.

Cacing Tanah adalah Filum Annelida

Susunan Filum Annelida

Filum Annelida terdiri dari cacing berbuku-buku seperti cacing tanah. Perkembangan buku-buku badan ini memungkinkan adanya pembentukan fungsi yang berbeda dalam ruas badan (segmentasi) yang berbeda. Annelida memiliki coelom yang besar untuk mengakomodasi organ dalam yang lebih kompleks. Terdapat sekitar 12,000 jenis di laut, air tawar dan daratan, terbagi menjadi tiga kelas.

Pada umumnya, semua anggota filum Annelida memiliki tiga lapisan dinding tubuh, yaitu ectoderm, mesoderm, dan endoderm. Bagian mesoderm telah berkembang dan membentuk selom sehingga cacing ini disebut hewan triploblastic selomata. Dinding luar selom menempel pada ectoderm membentuk lapisan somatic, sedangkan dinding dalamnya menempel pada endoderm membentuk lapisan splangnik. Bentuk luar tubuh tampak memanjang, segmen-segmen tersusun seperti cincin. Setiap segmen tubuh memiliki alat ekskresi, alat reproduksi, otot, pembuluh darah, dan sebagainya. Setiap segmen terkoordinasi dalam suatu system.

Annelida banyak ditemukan di daerah tanah gembur dan tumpukan sampah tumbuh-tumbuhan. Mulut terdapat pada ujung anterior, sedangkan anus pada ujung posterior. Pada permukaan tubuh terdapat rambut atau seta yang berfungsi sebagai alat gerak. Cacing ini memiliki system peredaran darah tertutup, system saraf, system pencernaan, system reproduksi, sisite, ekskresi, dan system pernafasan.

Annelida memiliki system saraf tangga tali (sepasang ganglion otak dihubungkan oleh tali saraf longitudinal). Sisa metabolism diekresi melalui nefridium. Pernafasan dilakukan oleh seluruh permukaan tubuhnya. Anggota cacing ini ada yang bersifat heermafrodit da nada juga yang bersifat gonokoris (alat kelamin jantan dan betina terpisah atau terdapat pada individu yang berbeda).

Ciri-ciri Filum Annelida

  1. Bentuk tubuh bulat panjang, bersegmen – segmen.
  2. Dikenal juga sebagai Annulata ( cacing bersegmen ).
  3. Setiap segmen dipisahkan oleh septum / sekat.
  4. Bersifat metameri ( antara segmen yang satu dengan yang lainnya sama baik bentuk luar maupun alat – alat tubuhnya.Memiliki sistem saraf.
  5. Reproduksi secara seksual dan aseksual, termasuk hewan hemaprodit.
  6. Mempunyai rongga tubuh sejati.
  7. Bersifat bebas dan bersifat parasit.
  8. Memiliki tiga lapisan penyusun tubuh yaitu endoderma, mesoderma, ektoderma.
  9. Dinding luar kantong melekat pada ektoderma, disebut lapisan somatik dan dinding dalamnya melekat pada endoderma disebut lapisan splanknik.
  10. Memiliki otot yang terdiri dari otot melingkar ( sirkuler ) dan  otot memanjang  ( longitudinal ).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.10

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Filum Annelida yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top