Pengertian Besaran

Pengertian Besaran - Besaran adalah dalam melakukan eksperimen kita memerlukan pengukuran-pengukuran, biasanya, untuk menggambarkan hasil pengukuran kita menggunakan angka-angka, setiap ukuran yang kita gunakan untuk menggambarkan gejala fisika secara kuantitatif.

Besaran

Besaran

Besaran adalah sesuatu yang dapat di ukur dan dinyatakan dalam nilai dengan satuan-satuan tertentu. Dalam pengertian yang laing. besaran dapat juga diartikan sebagai pernyataan yang mengandung pengertian ukuran dan memiliki satuan atau hal-hal yang akan diketahui ukurannya. Dalam ilmu fisika, besaran dan satuan merupakan salah dua hal pokok dalam konsep pengukuran. Ada bermacam-macam jenis besaran menurut kajian ilmu fisika, yaitu: besaran pokok, besaran turunan, besaran vektor, dan besaran skalar.

Sebagai contoh, dua besaran fisika yang menggambarkan diri kita adalah massa dan tinggi badan kita. Sejumlah besaran fisika ada yang sedemikian mendasar (fundamental), di mana kita hanya dapat mendefinisikan melalui penggambaran bagaimana kita mengukurnya. Sebagai contoh, kita mengukur panjang menggunakan mistar dan kita mengukur interval waktu menggunakan stopwatch. Dalam hal lain, kita mendefinisikan besaran fisika melalui penggambaran bagaimana menghitungnya dari besaran lain yang dapat kita ukur. Misalnya, kita mendefinisikan kelajuan rata-rata dari suatu benda yang bergerak sebagai hasil bagi antara jarak tempuh (diukur dengan mistar) dan waktu tempuh (diukur dengan stopwatch).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.42

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Besaran yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top