Pengertian Sistem Limfatik

Pengertian Sistem Limfatik - Sistem limfatik adalah sistem tubuh yang berperan utama menghasilkan imunitas (kekebalan tubuh). Sistem limfatik tersusun dari cairan limfe yang mengalir di dalam pembuluh limfatik, dan sumsum tulang merah.

Sistem Limfatik

Pengertian Sistem Limfatik

Sistem limfatik memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai berikut.
  1. Mengalirkan cairan interstitial. Pembulu limfatik mengalirkan kelebihan cairan interstitial yang berasal dari ruang antar sel.
  2. Menstranspor lemak dari makanan. Pembuluh limfatik menstranspor lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) yang terserap oleh saluran pencernaan untuk dialirkan ke darah.
  3. Memfasilitasi reaksi imun. Jaringan limfatik membangkitkan reaksi spesifik yang sangat tinggi terhadap mikroorganisme tertentu atau sel yang abnormal. Limfosit dibantu oleh makrofag akan mengenali sel asing tersebut dan menghancurkannya. 
Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya. Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke dalam sistem sirkulasi.

Sistem limfatik adalah serangkaian pembuluh di seluruh tubuh yang mengalirkan cairan dari jaringan. Bakteri dan mikroba lainnya akan dijemput di cairan limfatik dan terperangkap di dalam kelenjar getah bening, di mana mereka bisa diserang dan dihancurkan oleh sel darah putih. Masalah umum dari sistem limfatik meliputi demam kelenjar, penyakit Hodgkin, edema (pembengkakan) dan tonsilitis.

Struktur pembuluh limfe serupa dengan vena kecil, tetapi memiliki lebih banyak katup sehingga pembuluh limfe tampaknya seperti rangkaian petasan. Pembuluh limfe yang terkecil atau kapiler limfe lebih besar dari kapiler darah dan terdiri hanya atas selapis endotelium. Pembuluh limfe bermula sebagai jalinan halus kapiler yang sangat kecil atau sebagai rongga-rongga limfe di dalam jaringan berbagai organ. Sejenis pembuluh limfe khusus, disebut lacteal (khilus) dijumpai dalam vili usus kecil. 

Peredaran limfa merupakan peredaran yang terbuka. Peredaran ini dimulai dari jaringan tubuh dalam bentuk cairan jaringan. Cairan jaringan ini selanjutnya akan masuk ke dalam kapiler limfa. Kemudian kapiler limfa akan bergabung dengan kapiler limfa yang membentuk pembuluh limfa yang lebih besar dan akhirnya bergabung menjadi pembuluh limfa besar yaitu pembuluh limfa kanan dan kiri. Kurang lebih 100 mil cairan limfa akan dialirkan oleh pembuluh limfa menuju vena dan dikembalikan ke dalam darah.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.37

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sistem Limfatik yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top