Pengertian Daerah Aliran Sungai (DAS)

Pengertian Daerah Aliran Sungai (DAS) - Dalam mempelajari perairan darat tidak dapat dilepaskan dari mempelajari Daerah Aliran Sungai (DAS). Hal ini karena perairan darat sebagian besar menempati suatu DAS. Bentuk maupun ukuran DAS yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Sehingga terbentuklah macam-macam pada aliran sungai sehingga membentuk suatu system yang dinamakan Daerah Aliran Sungai (DAS). 
Daerah Aliran Sungai (DAS)

Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano

Maka pengertian DAS adalah suatu wilayah daratan yang secara topografik dibatasi oleh punggung-punggung gunung yang menampung dan menyimpang air hujan untuk kemudian menyalurkannya ke laut melalui sungai utama. Wilayah daratan tersebut disebut dinamakan Daerah Tangkapan Air (DTA) atau cathment area. Makin besar DAS, makin besar pula daya tampungnya. Contohny adalah DAS Ciliwung.

Sebuah pulau terdiri atas beberapa daerah aliran sungai. Hujan yang turun di atas sebuah DAS, sebagian akan meresap ke dalam tanah dan sebagian lagi mengalir ke sungai-sungai. Kelestarian sebuah sungai juga ditentukan oleh kelestarian daerah aliran sungainya. Pada DAS yang gundul dan tidak berhutan, air hujan yang meresap ke dalam tanah sangat sedikit. Akibatnya air sungai itu kering pada musim kemarau. Selain itu, DAS gundul mengakibatkan erosi. Hasil erosi akan masuk ke sungai-sungai dan mengakibatkan sungai menjadi dangkal, daya tamoung air berkurang sehingga mengakibatkan banjir, Oleh sebab itu, mengingat pentingnya mamfaat sungai, maka DAS harus dijaga kelestariannya. Slah satu di antaranya ialah dengan menjaga hutan di DAS tidak rusak.

Air pada DAS merupakan aliran air yang mengalami siklus hidrologi secara alamiah. Selama berlangsungnya daur hidrologi, yaitu perjalanan air dari permukaan laut ke atmosfer kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut yang tidak pernah berhenti tersebut, air tersebut akan tertahan (sementara) di sungai, danau/waduk, dan dalam tanah sehingga akan dimanfaatkan oleh manusia atau makhluk hidup

Dalam terminologi yang lain dalam bahasa Inggris pegertian DAS sering dipergunakan istilah “ drainage area” atau “river basin” atau “catchment area” atau “watershed”. Definisi DAS tersebut di atas pada dasarnya menggambarkan suatu wilayah yang mengalirkan air yang jatuh diatasnya beserta sedimen dan bahan larut melalui titik yang sama sepanjang suatu alur atau sungai. DAS juga merupakan suatu ekosistem, dimana unsur organisme dan lingkungan biofisik serta unsur kimia berinteraksi secara dinamis dan di dalamnya terdapat keseimbangan inflow dan outflow dari material dan energi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.30

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top