Pengertian Sistem Transportasi Nasional (Sistranas)

Pengertian Sistem Transportasi Nasional (Sistranas) - Sistem Transportasi Nasional (Sistranas) diartikan sebagai tatanan transportasi yang terorganisasi secara kesisteman, terdiri dari transportasi jalan, transportasi kereta api, transportasi sungai dan danau, transportasi penyeberangan, transportasi laut, transportasi udara, serta transportasi pipa, yang masing-masing terdiri dari sarana dan prasarana, yang saling berinteraksi dengan dukungan perangkat lunak dan perangkat piker membentuk suatu sistem pelayanan jasa transportasi yang efektif dan efesien, berfungsi melayani perpindahan orang dan atau barang yang terus berkembang secara dinamis.
Sistem Transportasi Nasional (Sistranas)
Sistem transportasi nasional (Sistranas) dimaksudkan sebagai pedoman pengaturan dan pembangunan transportasi secara menyeluruh, dengan tujuan agar tercapai penyelenggaraan transportasi nasional yang efektif dan efesien. Sistranas disusun dengan menggunakan landasan Pancasila. Undang-undang Dasar 1945, Wawasan Nusantara, ketahanan nasional, undang-undang di bidang transportasi dan peraturan perundangan terkait lainnya.

Sistranas diwujudkan dalam tiga tataran, yaitu tataran transportasi nasional  (Tatranas), tataran transportasi wilayah  (Tatrawil), dan tataran transportasi local (tatrolok). Tatranas meliputi seluruh wilayah nasional. Tatrawil meliputi wilayah suatu provinsi, dan tatrolok meliputi wilaayah suatu kabupaten.

Sasaran. 
Terwujudnya safety (keselamatan) ditunjukkan dengan angka kecelakaan rendah, aksesibilitas tinggi ditunjukkan dengan, terjangkaunya semua daerah dan tersedianya jaringan untuk seluruh wilayah, keterpaduan, lancar dan cepat ditunjukkan dengan waktu tempuh pendek dan keamanan tingkat tinggi, tepat waktu, tarif terjangkau, nyaman

Fungsi

  1. Ships follows the trade; sebagai penunjang Maksudnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi, biasanya di daerah yang padat penduduknya seperti di Indonesia bagian barat
  2. Ships attracts the trade; sebagai pendorong Maksudnya untuk menghubungkan suatu daerah yang masih terisolasi dengan daerah yang sudah berkembang, biasanya di daerah yangmasih jarang penduduknya, seperti di Indonesia bagian timur
Komponen Sistranas
Masukan (input), proses, keluaran (output), instrumental input, environmental input, dan pihak lain yang terkait dengan penyelenggaraan transportasi.

Tataran Transportasi

  • Latar belakang adanya tataran transportasi karena adanya otonomi daerah.
  • Tatanan transportasi yang terdiri dari semua jaringan dan moda transportasi yang terorganisir secara kesisteman
  1. Tatranas (Tataran Transportasi Nasional) dalam lingkup nasional, yang bertujuan membentuk suatu sistem pelayanan jasa transportasi yang efektif dan efisien dan berfungsi melayani pemindahan penumpang dan barang antar simpul atau kota nasional (SKN) dan dari simpul atau kota nasional ke LN atau sebaliknya.
  2. Tatrawil (Tataran Transportasi Wilayah) dalam lingkup propinsi, yang bertujuan membentuk suatu sistem pelayanan jasa transportasi yang efektif dan efisien dan berfungsi melayani pemindahan penumpang dan barang antar simpul atau kota wilayah (SKW) dan dari simpul atau kota wilayah ke nasional atau sebaliknya.
  3. Tatralok (Tataran Transportasi Lokal) dalam lingkup kabupaten/kota, yang bertujuan membentuk suatu sistem pelayanan jasa transportasi yang efektif dan efisien dan berfungsi melayani pemindahan penumpang dan barang antar simpul atau kota lokal (SKL) dan dari simpul atau kota lokal ke propinsi atau nasional atau sebaliknya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.27

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sistem Transportasi Nasional (Sistranas) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top