Selasa, 15 September 2015

Pengertian Shalat Dhuha

| Selasa, 15 September 2015
Pengertian Shalat Dhuha - Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan seorang muslim pada waktu dhuha. Yaitu ketika matahari naik kira-kira satu tombak sejak terbitnya (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit) hingga menjelang waktu zuhur.
Shalat Dhuha

Shalat Dhuha
Shalat Dhuha hukumnya sunah berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkaata, Kekasihku, Rasululullah berwasiat tiga hal kepadaku yang tidak akan aku tinggalkan hingga aku mati kelak. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat Dhuha, dan Shalat Witir sebelum tidur. (HR. Bukhari dan Muslim).
Pada setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulilah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan la ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Semua itu dapat tercukupi dengan menunaikan dua rakaat Dhuha. (HR. Muslim).
Shalat Dhuha memiliki keutamaan yang sangat besar. Maka, sangat pantas jika shalat ini pernah diwasiatkan Rasulullah kepada beberapa sahabat. Rasulullah telah mewasiatkannya kepada Abu Dzar, Abu Darda, dan Abu Hurairah. Walau shalat ini diwasiatkan kepada beberapa sahabat, bukan berarti ia tidak berlaku bagi kita. Bahkan, siapa saja dari kaum muslimin diberi kesempatan untuk meraih pahala berlipat dari shalat ini.

Shalat Dhuha merupakan ibadah yang multifungsi. Selain bernilai ibadah di sisi Allah, ia memberi jaminan kecukupan kepada pelakunya, membuatnya kaya, dan bisa melaksanakan haji dan umrah secara gratis. Mungkinkah? Tidak ada yang tak mungkin bagi Allah Ta ala, Zat yang menciptkan dunia seisinya.

Coba kita bayangkan, shalat Dhuha yang cukup yang dilakukan selama 10-15 menit mampu menyamai pahala haji dan umrah. Padahal, saat ini biaya haji kurang lebih Rp 35 juta dan umra Rp 15 juta. Jika dikalkulasi, berarti shalat Dhuha yang kita kerjakan selama 10-15 menit mendapat balasan dari Alllah sebesar Rp 35 juta. Sebuah nilai yang cukup fantastis. Apakah kita tidak tergiur dengan hal ini? Bila dihitung memakai logika, balasan yang kita peroleh dari shalat Dhuha sungguh amat besar. Tidak sebanding dengan jerih payah kita yang begitu ringan dan mudah.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar