Pengertian Bahan Pewangi

Pengertian Bahan Pewangi - Tahukah kamu yang dimaksud dengan bahan pewangi? Bahan pewangi  merupakan bahan-bahan yang mengandung senyawa aromatic yang mudah menguap, Senyawa aromatic adalah senyawa-senyawa yang dapat menghasilkan aroma tertentu. Biasanya senyawa aromatic terkandung dalam parfum, pengharum ruangan, pembersih lantai, dan pengharum pakaian.
Parfum Badan


Pewangi Badan

Pewangi alami berasal dari buah-buahan, contohnya jeruk dan bunga-bungaan, seperti mawar, melati, dan sedap malam. Selain itu, saat ini juga sedang dikembangkan pembuatan bahan pewangi secara sintetik dari bahan alcohol dan asam karbosilat untuk menghasilkan zat kimia yang berbau wangi yang disebut ester.

Saat ini hampir setiap produk memiliki kandungan pewangi, mulai dari produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, shampoo dll, pengharum ruangan bahkan pada produk-produk yang sebenarnya tidak harus menggunakan pewangi seperti tissue. Hampir semua orang memang menyukai produk yang memiliki wewangian karena terkesan bersih, segar, dan menyenangkan jika menghirup wewangian.

Ada dua wujud bahan pewangi yaitu padat dan cair. Bahan pewangi yang berbetuk padat contohnya adalah kamper dan kapur barus yang biasa digunakan sebagai pengharum kamar mansdi dan lemari pakaian. Campuran antara kamper dengan ekstrak bunga-bungaan atau buah-buahan mengahsilkan bau yang harum. Mengapa kita dapat mencium bau harum dari kamper? Kamper mengalami sublimasi, yaitu perubahan wujud dari padat  langsung menjadi gas, sifat partikel gas yang dapat menyebar dalam ruangan yang ditempatnya menyebabkan bau harum yang tersebar dapat tercium oleh kita.

Pernahkah kau memakai parfum? Atau penyemprotkan pewangi di dalam ruangan kamarmu? Parfum  dan pewangi ruangan merupakan contoh bahan pewangi yang berwujud cair. Cairan yang terdaapat dalam bahan pewangi terebut merupakan jeni cairan yang mudah menguap. Sifat cairan yang mudah menguap itulah yang menyebabkan kita dapat mencium bau wanginya.

Parfum adalah hasil pencampuran berbagai macam fragrance (bahan pewangi) yang bersifat mudah menguap dengan bau tertentu. Bahan kimia pewangi sering ditambahkan pada berbagai produk seperti sabun, deterjen, sampo, pembersih kaca, cairan pencuci piring, dan cairan pelembut pakaian, serta dijual dalam bentuk pengharum badan maupun ruangan.

Perusahaan umumnya tidak mau menuliskan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pewangi. Orang sering memberi istilah “rahasia perusahaan”. Bahan kimia yang biasanya tidak tunggal tetapi campuran dari beberapa bahan pewangi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.50

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Bahan Pewangi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

3 komentar:

Posting Komentar

Back to top