Pengertian Jaring-Jaring Makanan


Pengertian Jaring-Jaring Makanan - Di dalam ekosistem, satu jenis produsen tidak selalu menjadi sumber makanan bagi satu jenis herbivore. Sebaliknya, satu jenis herbivora tidak selalu memakan hanya satu jenis produsen, dan satu jenis karnivora tidak selalu memakan satu jenis herbivore. Akibat dari kejadian tersebut, rangkaian perpindahan materi dan energy di dalam suatu ekosistem menjadi sangat kompleks. Dengan kata lain, di dalam ekosistem tersebut terdapat banyak rantai makanan yang saling bertautan sehingga membentuk suatu jarring-jaring makanan. Jadi, jarring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan.
Jaring-Jaring Makanan

Jaring-jaring Makanan
Sebuah jaring makanan adalah penggambaran grafis dari hubungan makan antara spesies dari komunitas ekologi. Jaring makanan terdiri dari rantai makanan dari ekosistem tertentu. Jaring makanan adalah ilustrasi berbagai metode makan yang menghubungkan ekosistem. Jaring makanan juga mendefinisikan aliran energi melalui komunitas spesies sebagai akibat dari hubungan makan mereka. Semua rantai makanan yang saling berhubungan dan saling tumpang tindih dalam suatu ekosistem dan mereka membuat sebuah jaring makanan.

Sebagai produsen, tumbuhan memerlukan zat hara yang diperoleh dari lingkungannya, khususnya tanah. Kalau hara tanah diserap terus-menerus oleh tumbuhan, apakah tanah tidak akan menjadi tandus? Jelas, kalau zat hara diserap oleh tumbuhan, sedangkan hara pengganti tidak ada tanah menjadi tandus.

Di dalam ekosistem yang seimbang, suatu ketika produsen akan mati. Konsumen akan mengeluarkan zat sisa atau suatu ketika juga akan mati. Apabila mati, organisme akan kembali ke tanah. Di sinilah peran pengurai dalam ekosistem.

Pengurai yang hidup di dalam tanah, seperti hewan kecil, jamur, dan bakteri, akan menghancurkan dan menguraikan zat penyusun tubuh organisme yang telah mati menjadi hara. Selanjutnya, hara kembali kedalam tanah. Dengan demikian, pengurai merupakan rantai penghubung antara konsumen dan produsen. Adanya pengurai akan menjaga ketersediaan hara tanah. Dengan demikian, kebutuhan tumbuhan akan zat hara tetap terpenuhi.

Apabila tumbuhan hidup subur, berarti tumbuhan itu menjamin tersedianya makanan bagi herbivore. Meningkatnya kehidupan herbivore berarti menjamin tersedianya makanan karnivora. Dengan demikian, jelaslah bahwa antara komponen ekosistem yang satu dan yang lainnya senantiasa terjadi saling ketergantungan. Saling ketergantungan terjadi pada setiap ekosistem. Ketergantungan terjadi tidak hanya antarkomponen abiotik, tetapi juga antara komponen biotik dan abiotik dan sebaliknya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 22.29

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Jaring-Jaring Makanan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top