Pengertian Pranata Ekonomi

Pengertian Pranata Ekonomi - Berhentilah sejenak kemudian amatilah karakteristik buku IPS  Terpadu yang sedang kamu pelajari ini, mulai dari sampulnya, cetakannya, warnanya dan kata-kata yang digunakan dalam materinya. Sekarang pikirkan dua pertanyaan ini, apa saja yang diperlukan untuk mmbuat buku tersebut dan bagaimana buku tersebut sampai ke tanganmu?
Pranata Ekonomi

Pranata Ekonomi
Secara fisik buku ini bersumber dari kayu dan kertas, peralatan fotografi, computer, mesin cetak, dan sebagainya. Untuk dapat sampai di tanganmu, buku tersebut dikemas, didistribusikan ke took-toko buku, kemudian dibeli olehmu. Setelah kamu membeli buku tersebut, sekarang pun kamu memakai buku tersebut bukan? Nah, semua hal yang baaru disebutkan di atas merupakan tiga kegiatan ekonomi yang utama, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Pranata ekonomi merupakan seperangkat ide-ide budaya dan hubungan-hubungan social, dimana di dalamnya barang dan jasa diproduksi dan didistribusikan. Ciri dari setiap pranata ekonomi adalah adanya tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan produksi yang dilakukan. Misalnya dalam hal buku tadi, pastinya ditentukan dulu tujuan diterbitkannya buku tersebut, apakah untuk mendidik, keuntungan semata-mata, atau kedua-duanya. Pranata ekonomi juga akan menentukan bagaimana masyarakat memproduksi barang dan jasa serta bagaimana setiap individu berpartisipasi dalam proses produksi.

Pranata ekonomi lahir dari usaha orang dalam memenuhi kebutuhannya. Setiap masyarakat mengembangkan cara-cara yang kemudian dilambangkan atau dijadikan sebagai pranata untuk memenuhi kebutuhannya akan sandang, pangan, dan apasaja yang diperlukan. Pembagian makanan misalnya merupakan kegiatan yang melembaga pada masyarakat sederhana yang memperoleh makanannya dengan cara berburu. Hasil buruan itu pun dibagikan.

Pranata ekonomi juga merupakan system norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas atau kegiatan ekonomi. Pranata ekonomi bertujuan untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tahukah kamu apasaja kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, konsumsi, barang dan jasa, terakhir kegiatan konsumsi.

1. Kegiatanb Produksi. Produski dimaksudkan sebagai kegiatan yang dapat menghasilkan sesuatu atau barang yang berguna bagi hidup manusia, dari yang belum ada menjadi ada. Ada pula produksi yang bertujuan untuk memberi nilai tambah pada barang tertentu.
2. Distribusi Barang dan Jasa. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari penghasil (produsen) ke konsumen dengan sarana transportasi, baik darat, laut maupun udara.
3. Kegiatan Konsumsi. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan masyarakat dalam memakai, memanfaatkan, dan menggunakan barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berguna untuk kelansungan hidup.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.30

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pranata Ekonomi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top