Pengertian Pranata Pendidikan

Pengertian Pranata Pendidikan - Pranata pendidikan (educational institution) merupakan pranata yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia akan penerangan dan pendidikan supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna. Pada dasarnya pendidikan terbagi dalam tiga jenis, yaitu pendidikan informal, pendidikan formal, dan pendidikan nonformal.
Pranata Pendidikan

Pranata Pendidikan
1. Pendidikan Informaal. Pendidikan sebenarnya sudah diperoleh manusia daalam keluarganya, tetapi sering sekali tidak disadari. Pendidikan ini terwujud dalam pengasuhan dari orang tua kepada anak-anaknya. Bentuk pengasuhan ini juga berbeda antara keluarga yang satu dan yang lain. Ada orang tua yang memberlakukan peraturan-peraturan yang kaku bagi anak-anaknya. Pendidikan dalam keluarga dapat berlangsung tanpa terikat oleh waktu dan tempat di antara anggota keluarga itu sendiri, tidak mengenal persyaratan usia, dan tidak menggunakan metode tertentu dalam pengajarannya seperti layaknya pengajaran sekolah. Pendidikan informal juga dapat diperoleh manusia dari televise, terutama dari program pendidikan. Selain itu, pendidikan informal ini juga dapat diperoleh dari media massa seperti surat kabar, buku, majalah, komik, dan film-film yang berpengaruh pada kegiatan yang dilakukan anak.

2. Pendidikan Formal. Pendidikan formal diperoleh setiap manusia di sekolah-sekolah ejak ia masih anak-anak (Taman Kanak-Kanak) hingga dewasa (perguruan tinggi ). Sama halnya dengan pranata lainnya, pendidikan di sekolah juga terdiri dari ide-ide budaya yang mempunyai tujuan dan mengatur perilaku seseorang. Mengapa kita bersekolah? Menurut Allan G. Johnson, alas an yang mendasari mengapa seseorang bersekolah adalah untuk mempelajari apa yang perlu ketahui sebagai orang dewasa nantinya. Dalam hal ini, gurulah yang mengajarkan hal-hal tersebut.  Alasan kedua mengapa kita bersekolah adalah bahwa pengetahuan merupakan kunci menuju kebahagiaan dan solusi dari masalah-masalah social yang ada.

3. Pendidikan Nonformal. Pendidikan nonformal diperoleh lewat kursus-kursus seperti kursus keterampilan, kursus bahasa, dan kursus computer. Pendidikan ini berhubungan dengan pembinaan dan pengembangana masyarakat sehingga mereka kurang terampil menjadi terampil. Pendidikan nonformal biasanya diikuti oleh para peserta yang ingin cepat memperoleh pekerjaan dengan waktu belajar yang singkat. Program kegiatannya pun disesuaikan dengang tuntutan dari para peserta kursus.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12.19

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pranata Pendidikan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top