Pengertian Pangan

Pengertian Pangan - Pangan adalah bahan-bahan yang di makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan energi bagi pemeliharaan, pertumbuhan, kerja, dan pergantian jaringan tubuh yang rusak. Pangan juga dapat diartikan sebagai bahan sumber gizi. Kehidupan manusia tidak mungkin tanpa adanya ketersediaan bahan pangan. Jadi mempertahankan kehidupan manusia, maka manusia harus makan secukupnya dan memenuhi gizi. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling asasi atau kebutuhan pokok (basic need). Sektor pangan sebagai sumber bahan (zat) gizi merupakan sektor yang strategis, hal ini disebabkan oleh:
Bahan Pangan

Bahan Pangan

  1. Produk pangan (terutama sektor pertanian) merupakan industri massal. Sektor pangan merupakan industri massal yang melibkan banyak orang, baik di bidang produksi, pengolahan, dan banyak orang, baik di bidang produksi, pengolahan, dan distribusi. Kegiatan produksi padi di Indonesia tahun 1995 saja melibatkan 20 juta usaha tani di mana 59% di antaranya menguasai kurang dari 0,75 Ha lahan. Bagi mereka sektor pangan merupakan sumber kehidupan dan penghidupan. Secara nasional, pertaniaan tanaman pangan menyumbang sekitar 19% dari pendapatan domestik bruto, ini merupakan sumbangan terbesar di antara 16 jenis lapangan industri yang ada.
  2. Pangan di konsumsioleh semua golongan/lapisan masyarakat Indonesia. Semakin besar jumlah anggota suatu keluarga akan semakin banyak mengkonsumsi bahan pangan dan makanan. Di negara-negara yang terlanda krisis seperti Indonesia, walaupun terdapat kecenderungan penurunan pengeluaran untuk pangan, tetapi pangan masih masih merupakan bagian yang cukup besar dari pengeluaran rumah tangga miskin di Indonesia. Pengeluaran tersebut dapat mencapai rata-rata  72,02% di mana 27,32% dari total pengeluaran adalah untuk bahan pangan pokok, yakni padi-padian dan hasilnya.
Pangan juga dapat dipengaruhi stabilitas Poleksosbudhankam. Kelangkaan pangan akan menyebabkan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu stabilitas komponen lain. Rakyat tanpa adanya pangan yang cukup akan terjadi kelaparan yang akan mengakibatkan suatu negara menjadi terganggu stabilitas baik ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan politiknya. Hal ini dikarenakan bahwa semua aspek adalah suatu sistem kesatuan yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Untuk itu penyediaan pangan yang cukup agar kita terhindar dari akses negatif dari kelangkaan pangan. Upaya penyediaan pangan di Indonesia melalui produksi pangan ternyata masih menghadapi permasalahan yang cukup mendasar.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.00

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pangan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top