Pengertian Biaya

Pengertian Biaya - Dalam mendefinisikan tentang konsep biaya sangat penting karena dalam ilmu akuntansi terdapat dua istilah biaya, yaitu biaya sebagai cost atau expense. Tentu saja keduaistilah tersebut mempunyai pengertian yang berbeda.
Pengertian Biaya

Biaya

Apakah itu Biaya?
Dalam buku Activity Based Cost System: Sistem Informasi Biaya untuk Pengurangan Biaya definisi biaya adalah Biaya (cost) adalah cot atau nilai serta kas yang dikorbankan untuk memperoleh barang dan jasa yang diharapkan akan membawa manfaat sekarang atau di masa depan bagi organisasi. (Mulyadi, 2003:4).

Dalam buku yang sama, biaya seperti expense didefinisikan sebagai berikut: Biaya (expense) adalah kas sumber daya yang telah atau akan dikorbankan untuk mewujudkan tujuan tertentu. (Mulyadi, 2003:4).

Sedangkan dalam buku Akuntasi Manajemen mengemukakan pengertian biaya sebagai berikut: Biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat pada saat ini atau dimasa yang akan datangbagi organisasi. (Henry Simamora, 1999: 01).

Sedangkan dalam buku Akuntansi Manajemen mengemukakan pengertian biaya sebagai berikut: Biaya adalah kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau dimasa datang bagi organisasi. (Hansen & Mowen, 1999: 36).

Berdasarkan pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa biaya adalah sebagai sumber daya yang di ukur dengan uang yang digunakan untuk  mencapai tujuan tertentu dan biaya juga merupakan kas sumber daya yang dikorbankan untuk memperoleh barang dan jasa dan untuk mendapatkan manfaat sekarang atau dimasa yang akan datang.

Untuk menghasilkan manfaat saat ini dan di masa depan, maka manajemen perusahaan harus merencanakan dan mengendalikan dengan baik penentuan biaya karena informasi biaya memberikan kerangka berpikir untuk mengelola masukan agar nilai masukan yang dikorbankan lebih rendah dari nilai keluaran yang diperoleh oleh perusahaan. Dari itu dapat diketahui bagaimana biaya dan kecenderungannya. Dengan memahami biaya berari telah mengetahui berapa biaya yang harus dikorbankan untuk membuat suatu produk.

Dari berbagai macam definisi cost dan expense diatas umumnya mempunyai kesamaan makna, yaitu:

  1. Cost merupakan pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang tejadi atau secara potensial akan terjadi dan pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu.
  2. Expense merupakan cost dari orang dan jasa telah menjadi beban (expired) karena berlalunya waktu baik secara langsung maupun tidak langsung terkait dalam proses untuk memperoleh pendapatan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Biaya yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top