Pengertian Variabel

Pengertian Variabel - Istilah variabel dapat diartikan bermacam-macam. Dalam tulisan ini variabel diartikan sebagai segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan penelitian. Sering pula dinyatakan variabel penelitian itu sebagai faktor-faktor yang berperanan dalam peristiwa atau gejala yang akan diteliti.
Pengertian Variabel

Variabel Penelitian
Istilah variabel merupakan istilah yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap jenis penelitian F. N. Kerlinger menyebut variabel sebagai sebuah konsep seperti halnya laki-laki dalam konsep jenis kelamin, insaf dalam konsep kesadaran.

Konsep yang lebih tinggi derajatnya atau tingkat keabstrakannya disebut konstruk. constructs express the idea behind a set of particulars a contructs is a complex abstraction that is not diractly observable. Konstruk lebih abstrak dan kompleks serta tidak dapat diamati secara langsung, maka keperluan penelitian seseorang peniliti menggunakan indikator-indikator untuk dapat mengukur atau menilai kontrak. Indikator tersebut disebut variabel, yaitu ciri atau atribut yang menggambarkan konstruk. Namun, variabel penelitian itu meliputi faktor-faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang akan diteliti.

Kesimpulannya. Variabel dapat dijelaskan sebagai ciri atau aspek dari fakta sosial yang dapat dibuat bervariasi dengan kata lain, variabel adalah fakta sosial yang memiliki nilai lebih dari satu. Variabel adalah konsep. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua konsep dapat dinyakan sebagai variabel.

Suatu konstruk mempunyai sifat yang berlainan. Ada dua sifat buat konstruk jenis kelamin laki-laki, perempuan. Lima sikap untuk sikap kepada pemerintah: sangat suka, tidak tahu, benci, sangat benci. Bila nilai-nilai tertentu kita berikan kepada sifat-sifat suatu konstruk, konstruk itu sekarang menjadi variabel. Pendeknya variabel adalah konstruk yang sifat-sifatnya sudah diberi nilai bentuk bilangan. Sedangkan menurut Uma Sekaran (2003, 115) variabel adalah apapun yang dapat membedakan atau membawa variasi pada nilai. Nilai biasa berbeda pada berbagai waktu untuk objek dan orang yang sama, atau pada waktu yang sama untuk objek atau orang yang berbeda. Contohnya variabel adalah unit produksi, absensi, dan motivasi.

Namun, menurut Hadari Nawawi dan Mimi Martini (1996, 49) variabel penelitian merupakan himpunan beberapa gejala yang berfungsi sama dalam suatu masalah. Di dalam satu variabel terdapat satu atau lebih gejala, yang mungkin pula terdiri dari berbagai aspek atau unsur itu menentukan fungsi variabel, sehingga salah satu di antaranya pada variabel yang memiliki lebih dari satu aspek atau unsur, akan mempengaruhi fungsinya dalam masalah yang diselidiki. Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.

Dari pengertian variabel yang telah dikemukakan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa variabel penelitian adalah suatu aspek yang lebih dari satu sebagai bagian yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari kejadian atau objek yang diamati.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.39

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Variabel yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top