Pengertian Kanker Paru

Pengertian Kanker Paru - Kanker paru berasal dari jaringan paru, biasanya dari lapisan sel disaluran udara. Kanker paru seperti halnya juga kanker yang lain, merupakan hasil dari pertumbuhan abnormal sel tubuh. Pada orang normal, pertumbuhan dan kematian sel diatur sedemikian rupa sehingga selalu dalam keadaan seimbang. Bila mekanisme ini terganggu maka sel akan tumbuh dengan tidak terkontrol, membesar, dan mendesak sel normal yang ada disekitarnya sehingga menimbulkan benjolan. Kondisi ini yang kemudian dikenal dengan nama tumor, dan jika perkembangannya sangat cepat, maka disebut kanker.
Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru
Secara umum, dikenal dua jenis utama kanker paru dengan sifat berbeda sehingga memerlukan penanganan berbeda pula. Kedua jenis tersebut adalah:
  1. Small Cell Lung Cancer (SCLC)
  2. Non small Cell Lung Cancer (NSCLC), yang terbagi lagi menjadi: a) Karsinoma squamosa: jenis ini adalah jenis kanker paru paling umum. Hal ini berkembang dalam sel yang menggarisi saluran udara. Jenis kanker ini seringkali disebabkan karena rokok; b) Adenokarsinoma: jenis ini berkembang dari sel yang memproduksi lendir (dahak) pada permukaan saluran udara (airways); c) Karsinoma sel besar: Bentuk sel kanker ini dibawah mikroskop sesuai namanya yaitu sel bundar besar atau sering juga disebut undifferentiated carcinoma.
Tahap perkembangan kanker paru dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangan SCLC dan perkembangan NSCLC.
  1. Tahap perkembangan SCLC yaitu: a) Tahap terbatas yaitu kanker yang hanya ditemukan pada satu bagian paru saja dan pada jaringan disekitarnya; b) Tahap ekstensif, yaitu kanker yang ditemukan pada jaringan dada di luar paru tempat asalnya atau kanker ditemukan pada organ-organ tubuh yang jauh.
  2. Tahap perkembangan NSCLC yaitu: a) Tahap tersembunyi merupakan tahap ditemukannya sel kanker pada dahak (sputum) pasien di dalam sampel air saat bronkoskopi, tetapi tidak terlihat adanya tumor di paru; b) Stadium 0 merupakan tahap ditemukannya sel kanker hanya pada lapisan terdalam paru dan tidak bersifat invasif; c) Stadium I merupakan tahap kanker yang hanya ditemukan pada paru (ukuran tumor <3cm) dan belum menyebar ke kelenjar getah bening disekitarnya; d) Stadium II merupakan tahap kanker yang ditemukan pada paru dan kelenjar getah bening di sekitarnya termasuk nadi paru. Ukurannya 3-7 cm (3-5 pada stadium 2a, 5-7 pada stadium 2b) dan sebagian jaringannya paru mengalami kerusakan; e) Stadium III merupakan tahap kanker yang telah menyebar ke daerah sekitarnya, seperti dinding dada, diafragma, pembuluh besar atau kelenjar getah bening di sisi yang sama atau pun sisi berlawanan dari tumor tersebut. Ukuran tumornya adalah >7 cm; f) Stadium IV merupakan tahap kanker yang ditemukan lebih dari satu lobus paru yang sama, atau di paru yang lain. Sel kanker telah menyebar juga je organ tubuh lainnya, misalnya ke otak, kelenjar adrenalin, hati, dan tulang belakang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.55

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kanker Paru yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top