Pengertian Mitosis

Pengertian Mitosis - Mitosis adalah proses pembelahan satu sel untuk menghasilkan dua sel anak yang secara genetis identik dengan sel induk. Setiap sel anak menerima komplemen lengkap 46 kromosom. Sebelum satu sel mengalami mitosis, setiap kromosom mereplikasi asam deoksiribonukleatnya (DNA). Selama fase replikasi ini, kromosom menjadi sangat panjang, tersebar difus ke seluruh nukleus, dan tidak dapat dikenali dengan mikroskop cahaya.
Pengertian Mitosis
Mitosis adalah
Saat mitosis dimulai, kromosom mulai membentuk kumparan, berkontraksi dan memadat. Proses-proses ini menandai dimulainya profase. Setiap kromosom sekarang terdiri dari dua sub unit paralel, kromatid yang disatukan oleh suatu daerah sempit (sentromer) yang terdapat dikeduanya. Sepanjang profase, kromosom terus memadat, memendek dan menebal, tetapi hanya saat prometafase kromatid dapat dibedakan. Selama metafase, kromosom-kromosom berjajar dalam suatu bidang ekuator, struktur gandanya tampak jelas.

Masing-masing kromosom diikat oleh mikrotubulus yang berjalan dari sentrimrr ke sentriol, membentuk gelendong mitotic. Tidak lama kemudian sentromer masing-masing kromosom membelah, menandai awal anafase, diikuti oleh migrasi kromatid ke kutub gelandong yang berlawanan. Akhirnya selama telofase, kumparan kromosom mengurai dan memanjang, selubung nukleus kembali terbentuk dan sitoplasma membelah. Masing-masing sel anak menerimah dari separu dari bahan kromosom ganda sehingga mempertahankan jumlah kromosom yang sama seperti sel induk.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.27

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Mitosis yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top