Pengertian Biografi

Pengertian Biografi - Kata biografi berasal dari kata Bio berarti hidup dan Grapheine yang berarti menulis, mencatat. Maka biografi diartikan catatan maupun tulisan-tulisan tentang riwayat hidup seseorang atau beberapa orang sejak kecil sampai dewasa yang tulis sendiri atau ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh pelakunya disebut autobiografi.
Pengertian Biografi
Banyak orang yang terpandang, orang berjasa, memiliki catatan kenangan perjalanan hidup di usia 70 tahun. Biasanya ditulis oleh orang-orang terkenal yang dekat dengan sang tokoh dalam arti yang luas dan tak jarang yang ditulis sendiri. Dalam biografi tersebut diuraikan tentang riwayat pendidikan, jabatan yang pernah dipangkunya, pengalaman suka dan duka, pandangan hidup, karir maupun karya tulis yang pernah dihasilkannya. Sumber biografi ini akan sangat membantu mereka yang ingin mengetahui sejarah tokoh tertentu secara pasti. Pemikiran pokok mereka dapat diketahui melalui sumber ini.

Dalam perkembangan keilmuan sering mengacu pada penemuan rumus maupun teori yang pernah ditemukan oleh pakar bidang tertentu. Dengan mengacu pada teori maupun rumus itu dapat diketahui secara pasti arah pengembangan bidang. Pengalaman seorang tokoh mungkin dapat dipergunakan sebagai pelajaran berharga bagi orang lain. Keberhasilannya mengatasi masalah, akan membuat orang lain mengetahui kiat-kiat yang telah ditempuhnya. Kesuksesan dalam meniti karir, mungkin sekali dapat mengacu pembaca dalam mengapai cita-cita mereka yang masih jauh.

Koleksi referensi ini dipersiapkan sedemikian rupa dengan harapan akan berfungsi sebagai:
  • Pengenalan tokoh, ahli tertentu. Dengan pengenalan ini apabila seseorang mendapatkan kesulitan dalam bidang tertentu maka dapat menghubungi tokoh tersebut apabila masih hidup. Apabila tokoh itu telah meninggal, maka masalah pemikiran bidang tertentu itu dapat dicari pada teman sejawat atau bekas siswa maupun mahasiswanya.
  • Menghubungkan tokoh yang satu dengan tokoh yang lain dan diharapkan akan terjadi interaksi antar bidang mereka.
  • Memperlancar komunikasi keilmuwan. Dengan mengenal seorang tokoh pakar bidang maupun ahli dengan alamat rumah maupun lembaganya diharapkan memudahkan komunikasi. Sedangkan sarana komunikasi dewasa ini tidaklah sulit. Sebab kini telah tersedia yang memadai seperti adanya wartel, telepon mobil, faksimil, dan lain-lain.
  • Bahan rujukan dalam arti luas. Dengan mengetaui riwayat hidup, pengalaman mencapai karir seseorang, tentunya akan menarik untuk disimak. Perjuangan hidup yang penuh lika-liku akan menjadi pelajaran tersendiri bagi orang lain.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.25

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Biografi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top