Pengertian Hormon Testosteron

Pengertian Hormon Testosteron - Testosteron adalah hormon kelamin laki-laki yang disekresi oleh sel interstitial atau sel Leydig. Sel ini terletak di dalam ruang antara tubulus-tubulus seminiferus, testis dibawah rangsangan hormon, juga dinamakan ICSH (Interstitial Cel Stimulating Hormon) dari hipofisis. Hormon ini berperan penting bagi tahap pembelahan sel germinal untuk membentuk sperma, terutama pembelahan meiosis untuk membentuk spermatosit sekunder. Pengualaran testosteron bertambah nyata pada pubertas dengan pengembangan sifat-sifat kelamin sekunder yaitu tumbuhnya jenggot, suara lebih besar, pembesaran genitalia.
Pengertian Hormon Testosteron

Pengertian Hormon Testosteron
Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. Penghasil utamanya adalah testis pada jantan dan folikel pada ovarium betina. Baik bagi jantan atau betina, testosteron memiliki peranan penting pada kesehatan. Fungsinya adalah peningkatan libido, fungsi imun, energi dan perlindungan dari oesteoporosis. Namun tostesteron lebih besar bagi hewan jantan. Bagi hewan jantan, testoren merupakan hormon seks yang punya peran penting dalam fungsi seksual, produksi sperma, dan pembentukan otot. Rendahnya kadar hormon ini menyebabkan seseorang mengalami kelelahan kronis gangguan mortalitas.

Riset membuktikan bahwa hormon testosteron dalam jumlah yang normal sangat penting untuk mengurangi resiko diabetes dan kardiovaskuler/peredaran darah pada hewan carnivora. Kadar testosteron yang normal adalah berada di kisaran 12 nmol/I sampai 40 nmol/I, Jika kurang dari itu, maka mengidap sindrom kekurang testosteron.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11.56

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hormon Testosteron yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top