Pengertian Pre Konferens

Pengertian Pre Konferens - Konferens klinik adalah pengalaman belajar kelompok yang menjadi bagian integral dari pengalaman klinik. Menurut Reelly dan Obermann (1999) dalam Keliat, 2006, konferens merupakan bentuk diskusi kelompok mengenai beberapa aspek klinik. Kelompok melakukan analisis kritis terhadap masalah dan mencari pendekatan alternatif dan kreatif. Konferens dapat menjadi pengalaman belajar yang bermakna dan membuka peluang berharga bagi perawat untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik keperawatan. Melalui kegiatan konferens, perawat atau calon perawat dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan pengambilan keputusan klinik serta kepercayaan diri dalam menjalankan tugasnya.
Pengertian Pre Konferens 

Pengertian Pre Konferens 
Konferens adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh instruktur klinis dalam memberikan pengarahan dan bimbingan terhadap mahasiswa. Dalam konferens instrutur klinis memberikan pengarahan terhadap mahasiswa yang akan melakukan pelayanan kesehatan. Sehingga para mahasiswa mendapatkan pengertian akan apa yang akan dilakukan setelah berada ditempat pasien.

Konferens adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk membantu para calon perawat dalam melakukan tindakan keperawatan terhadap klien. Penyiapan mahasiswa untuk praktek klinik telah menjadi bagian yang sangat penting dalam pendidikan keperawatan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam memasuki praktek keperawatan secara nyata terhadap pasien langsung. Hal ini dimaksudkan untuk setiap menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Pre-konferens merupakan tahapan sebelum melakukan konferens yang akan dilakukan oleh para instruktur klinis dimana akan dijelaskan apa yang akan dilakukan oleh setiap mahasiswa sebelum melakukan tindakan keperawatan. Sedangkan dalam Pre-konferens para instruktur klinis harus sudah menyiapkan apa yang akan dibahas dalam konferens sehingga tidak banyak waktu yang terbuang.

Fase pre-konferens, esensinya adalah aktivitas kelompok kecil, yang didalamnya terkandung unsur fasilitas dari instruktur klinis. Kelompok kecil siswa tersebut dalam melaksanakan program pendidikan keperawatan harus benar-benar memperhatikan hal yang akan dibahas pada fase pre-konferens. Pada saat instruktur klinis merencanakan fase pre-konferens dengan kelompok kecil siswa tentang suatu topik, ada hal-hal yang harus diperhatikan instruktur klinis yaitu:
  1. Bagaimana instruktur klinis memperkenalkan topik pembahasan kepada mahasiswa.
  2. Bagaimana instruktur klinis menciptakan situasi yang mendukung terjadinya partisipasi aktif dari anggota kelompok.
  3. Bagaimana instruktur klinis membuat diskusi
  4. Diskusi kelompok yang dilakukan ditujukan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan mereka pada saat memasuki praktek klinik sesuai denga tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10.16

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pre Konferens yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top