Pengertian Naskh

Makna Naskh secara etimologis, kata naskh merupakan yang memiliki dua makna umum yaitu:
  1. Bermakna menghilangkan atau menghapuskan kata ini juga mengandung makna yang agak berbeda. Pertama menghilangkan atau menghapuskan sesuatu lalu digantikan dengan sesuatu yang baru. Misalnya dalam ungkapan disini cahaya matahari menghapus dan mengantikan bayangan dengan sinarnya. Kedua kata naskh bermakna menghilangkan sesuatu tanpa ada sesuatu yang menggantikannya, misalnya berarti angin menghapus reruntuhan bangunan. Reruntuhan bangunan tidak digantikan oleh apa pun. Makna yang ingin ditekankan pada arti kedua ini sesuatu tersebut dihilangkan tanpa digantikan oleh sesuatu yang lain. 
    Pengertian Naskh
  2. Kata naskh dapat bermakna memindahkan. Makna memindahkan juga mengandung dari kondisi yang berbeda. Pertama memindahkan sesuatu dari tempat ke tempat lainnya tanpa terjadi perubahan atas sesuatu itu. Seperti dalam ungkapan artinya saya memindahkan tulisan dalam buku itu ke buku lainnya tanpa adanya perubahan dari isi tulisan itu. Makna ini mirip dengan makna kata menyalin. Kedua adalah memindahkan sesuatu ke tempat lain dengan perubahan substansial dalam kandungan sesuatu itu. Misalnya dalam kalimat artinya lebah menyarikan madu. Di sini sari pati bunga menjadi madu juga disebut sebagai naskh. Meskipun berubah secara formal dan materil, tetapi madu tetap memiliki aspek yang dimiliki oleh bentuk yang sebelumnya, yaitu rasa manis. Dengan demikian makna yang dikandung pada kata naskh yang kedua ini menghendaki adanya transformasi, perubahan dari satu bentuk ke bentuk lainnya, namun hal yang di ubah atau yang ditransformasikan masih memiliki unsur yang formal dari bentuk sebelumnya. Artinya sejak sesuatu yang tergantikan masih dapat dilacak dari sesuatu yang menggantikan. Berbeda dengan makna yang pertama, dimana sesuatu yang tergantikan benar-benar berubah secara formal, dan sesuatu yang menggantikan tidak dapat menguak sesuatu yang tergantikan.
Menurut Mushtafa Zayd, makna asli dari kata nashk dalam bahasa Arab adalah makna yang pertama. Makna menghilangkan adalah makna yang pertama-tama terbentuk dalam kata naskh dan merupakan makna yang terambil dari bahasa ibu. Pendapat Mustafa Zayd didasarkan pada pendapat Al-Khalil.

Makna Naskh secara Terminologis yaitu Al-Baghdady mengumpulkan beberapa makna terminologis naskh, yaitu:
  1. Membatalkan sesuatu hukum setelah penetapannya
  2. Membatasi lingkup hukum sebuah teks pada zaman dan kondisi tertentu.
  3. Memindahkan dari suatu ritual tertentu kepada ritual yang lain.
  4. Naskh mengindikasikan berakhirnya masa suatu ibadah.
Akan tetapi perlu digaris bawahi, dalam perkembangan terminologi naskh, terjadi sebuah evolusi historia. Evolusi terminologis inilah yang harus diperhatikan dalam kajian studi Al-Qur, an.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 02.31

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Naskh yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top