Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha - Berikut ini digambarkan perkembangan teori dan definisi wirausaha yang asal katanya adalah terjemahan dari entrepreneur. Istiloah wirausaha ini berasala dari entreprenuer (bahasa Perancis) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan dengan arti between atau go-between.
Pengertian Wirausaha

Wirausaha Adalah
Perkembangan teori dan istilah entrepreneur adalah sebagai berikut
  • Asal kata entreprenuer dari bahasa Perancis berarti between taker atau go-between
  • Abad Pertengahan. Berarti aktor atau orang yang bertanggungjawab dalam proyek produksi berskala besar.
  • Abad 17 diartikan diartikan sebagai orang yang menanggung resiko untung rugi dalam mengadakan kontrak pekerjaan dengan pemerintah dengan menggunakan fixed price.
  • Tahun 1725. Richard Cantilion menyatakan entreprenuer sebagai orang yang menanggun resiko yan berbeda denan orang yang memberi modal
  • Tahun 1797, Badeau menyatakan wirausaha sebagai orang yang menanggung resiko, yang merencanakan, supervisi, mengorganisasi dan memiliki.
  • Tahun 1803, Jean Beptist Say, menyatakan adanya pemisahan antara keuntungan untuk entreprenuer dan keuntungan untuk pemilik modal.
  • Tahun 1876, Francis Walker, membedakan antara orang yang menyediakan modal dan menerima bunga, dengan orang yang menerima keuntungan.
  • Tahun 1934, Joseph Schumpeter, seorang entreprenuer adalah seorang inovator dan mengembangkan teknologi 
  • Tahun 1961, David McLelland, entreprenuer adalah seorang yang energik dan membatasi resiko.
  • Tahun 1964 Peter Drucker, seorang entreprenuer adalah seorang yang yang mampu menmanfaatkan peluang
  • Tahun 1975. Albert Shapero, seorang yang memiliki inisiatif, mengorganisir mekanis sosial dan ekonomi, dan menerima resiko kegagalan.
  • Tahun 1980, Gifford Pinchot, entreprenuer adalah seorang entreprenuer dari dalam organisasi yang sudah ada/organisasi yang sedang berjalan
  • Tahun 1985, Robert Hisrich :Entreprenuer adalah merupakan proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadinya.
Sebagai contoh dari pengertian go-between dan perantara yang dimaksudkan dalam istilah bahasa Perancis entreprenuer adalah pada saat. Marcopolo yang mencoba merintis jalur pelayaran dagang ke timur jauh. Dia setuju menandatangani kontrak untuk menjual barang dari seorang pengusaha. Kontrak ini memberikan pinjaman dagang kepada Marcopolo dengan bagian keuntungan sebesar 22,5% termasuk asuransi. Pemiilik modal tidak menanggung resiko besar.

Pengertian wirausaha lebih lengkap dinyatakan oleh Joseph Schumpeter  adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru ataupun bisa pula dilakukan dengan organisasi bisnis yang sudah ada.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.21

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Wirausaha yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top