Pengertian Penyakit

Pengertian Penyakit - Pada bagian ini akan dibahas masalah: bagaimana cara dan rasanya pada penderita mengalami sakitnya; dan faktor-faktor pasikis apa yang mengakibatkan timbulnya suatu penyakit, atau yang mengakibatkan timbulnya suatu penyakit, atau mengakibatkan gangguan terhadap proses penyembuhan suatu penyakit.
Pengertian Penyakit

Penyakit adalah
Penyakit adalah gangguan adaptasi yang progresif (Prof. Dr. P. C. Kulper, 1973). Penyakit adalah terganggu atau tidak berlangsungnya fungsi-fungsi psikis dan fisis; yaitu ada kelainan dan penyimpangan yang mengakibatkan kerusakan dan bahaya pada organ atau tubuh, sehingga bisa mengancam kehidupan.

Organ disebut sakit apabila dia mengalami kelainan/penyimpangan yang mengakibatkan kerusakan dan bahaya organ atau tubuh, dan bisa mengancam kehidupannya.

Gangguan-gangguan pada fungsi suatu organisme biasanya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam substansi (materi) dari organisme. Substansi, fungsi, kemudian perubahan-perubahan dalam substansi dan gangguan-gangguan dalam fungsi, semuanya erat berkaitan satu sama lain.

Gangguan psikis bisa disebabkan oleh bakteri, virus, radang, luka-luka dan seterusnya yang organis sifatnya. Namun gangguan jiwani juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor psikis. Contonya, perasaan-perasaan, terutama konflik-konflik perasaan, bisa menyebabkan timbulnya penyakit jasmaniah atau rohaniah, atau bisa menghambat proses kesembuhan suatu penyakit. Juga ketegangan-ketegangan psikis yang kronis bisa menimbulkan macam-macam penyakit; misalnya: penyakit lambung, hypertensi dan tempat jantung (bartinfard).

Betapa banyaknya orang pergi ke dokter dengan macam-macam keluhan sakit, namun tanpa menderita suatu penyimpangan jasmaniah, atau tanpa satu gangguan fungsi jasmaniah. Mereka selalu lesu, lelah, gelisah-resah, tidak bisa tidur, cemas, pusing-pusing, sering mau muntah, menderita gangguan perut, merasakan detak-detak yang aneh pada jantung, merasa impoten secara seksual, dan lain sebagainya. Maka gangguan psikis sedemikian itu pada umumnya disebabkan oleh: 1) konflik-konflik batin sendiri, dan 2/ kondisi-kondisi sosial yang sangat sulit, lingkungan sosial yang sangat tidak menguntungkan, dan tidak bisa diatasinya.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.16

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penyakit yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top