Pengertian Letak Astronomis

Letak Astronomis - Setiap wilayah di muka bumi memiliki letak astronomis yang berbeda-beda. Letak astronomis merupakan letak dari suatu wilayah di permukaan bumi berdasarkan perbedaan letak garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah Indonesia di permukaan bumi terletak antara 60LU–110LS dan 950BT–1410BT.

Pengertian Letak Astronomis


Indonesia merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang dilalui oleh garis lintang 00 atau garis khatulistiwa (ekuator). Garis khatulistiwa, yaitu garis khayal pada peta atau globe yang membagi wilayah bumi men jadi dua bagian utara dan selatan yang sama besar. Terdapat beberapa kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, salah satunya yaitu Pontianak (Kalimantan Barat). Di Pontianak dapat ditemukan tugu khatulistiwa yang menjadi ciri dilaluinya Kota Pontianak oleh garis khatulistiwa (ekuator). Batas wilayah Indonesia paling utara tepat melewati Pulau Weh di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pengertian letak astronomis itu sendiri adalah bentuk suatu titik koordinat yang terjadi karena suatu tempat dihubungkan dengan posisi garis lintang dan garis bujur.

Pengertian garis lintang adalah garis-garis pararel pada bola bumi dengan ekuator (khatulistiwa). Jadi, lintang utara (LU) berarti posisi atau tempat yang terletak di sebelah utara ekuator (khatulistiwa), dan lintang selatan (LS) berarti posisi atau tempat yang terletak sebelah selatan ekuator. Dari jarak antar lintang tersebut diukur dengan satuan derajat. Lintang terendah adalah 0° (ekuator) dan linatng yang lintang tertinggi adalah 90° (kutub utara dan kutub selatan).

Sementara, yang dimaksud dengan garis bujur (meridian) adalah garis-garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Posisinya tegak lurus terhadap garis lintang. Pada umumnya semua meridian berbentuk setengah lingkaran besar. Sama seperti garis lintang, jarak garis bujur pun diukur dengan satuan derajat.



Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.50

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Letak Astronomis yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top