Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen - Kata manajemen berasal dari bahasa Italia (1561)  manegiare yang berarti “mengendalikan” terutamanya mengendalikan kuda yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti tangan. Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis manege yang berarti kepemilikan kuda (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Perancis mengadopsi kata ini dari bahasa inggris menjadi manegement yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen berasal dari kata to manage  yang artinya mengatur, yaitu mengatur semua unsur-unsur manajemen. Siapa yang mengatur? Yang mengatur adalah pemimpin.

Blancard (1988) mengungkapkan bahwa manajemen merupakan proses kerjasama melalui usaha individu dan kelompok dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Mullins (1989-1999) manajemen mencakup orang yang melaksanakan tanggung jawab untuk mencapai tujuan dalam suatu stuktur organisasi dan peran yang jelas. Itu artinya, manajemen berkaitan dengan organisasi. Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, maka manajemen berisikan unsur, struktur organisasi yang tertata, terarah kepada tujuan dan sasaran, dilakukan melalui usaha orang-orang dan menggunakan sistem dan prosedur.

(sumber: Siti Rogayah www.sitirogayah.com)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.57

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Manajemen yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top