Sabtu, 13 Mei 2017

Pengertian Manajemen

| Sabtu, 13 Mei 2017
Pengertian Manajemen - Kata manajemen berasal dari bahasa Italia (1561)  manegiare yang berarti “mengendalikan” terutamanya mengendalikan kuda yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti tangan. Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis manege yang berarti kepemilikan kuda (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Perancis mengadopsi kata ini dari bahasa inggris menjadi manegement yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen berasal dari kata to manage  yang artinya mengatur, yaitu mengatur semua unsur-unsur manajemen. Siapa yang mengatur? Yang mengatur adalah pemimpin.

Blancard (1988) mengungkapkan bahwa manajemen merupakan proses kerjasama melalui usaha individu dan kelompok dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Mullins (1989-1999) manajemen mencakup orang yang melaksanakan tanggung jawab untuk mencapai tujuan dalam suatu stuktur organisasi dan peran yang jelas. Itu artinya, manajemen berkaitan dengan organisasi. Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, maka manajemen berisikan unsur, struktur organisasi yang tertata, terarah kepada tujuan dan sasaran, dilakukan melalui usaha orang-orang dan menggunakan sistem dan prosedur.

(sumber: Siti Rogayah www.sitirogayah.com)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar