Pengertian Sistem

Pengertian Sistem - Suatu “sistem” merupakan jumlah keseluruhan dari bagian-bagiannya yang saling bekerja bersama untuk mencapai hasil yang diharapkan berdasarkan atas kebutuhan yang telah ditentukan. Setiap “sistem” pasti mempunyai tujuan, dan semua kegiatan dari komponen-komponen adalah untuk menuju tercapainya tujuan tersebut.

Pengertian Sistem

Istilah sistem meliputi spektrum konsep yang snagat luas, sebagai misal, seorang manusia, organisasi, mobil, susunan tata surya merupakan suatu sistem, dan masih banyak lagi. Semua contoh tersebut memiliki balasan sendiri-sendiri yang satu sama lain berbeda, meskipun demikian terdapat kebersamaan dari segi prosesnya dalam hal ini terdapat masukan dan menghasilkan keluaran. Itulah sebabnya pengertian sistem tidak lain adalah suatu kesatuan unsur-unsur yang saling berinteraksi secara fungsional yang memperoleh masukan menjadi keluaran. 

Kesamaan lain dapat dilihat melalui ciri-cirinya sebaimana dikemukakan dan digunakan dalam berbagai literatur pembelajaran antara lain, disebutkan dalam buku akta mengajar V yang meiputi : (a) adanya tujuan, (b) adanya fungsi untuk mencapai tujuan, (c) ada bagian komponen yang melaksanakan fungsi fungsi tersebut, (d) adanya interaksi antar komponen atau saling hubungan, (e) adanya penggabungan yang menimbulkan jalinan keterpaduan, (f) adanya proses tarnspormas, (g) adanya proses umpan perbaikan, dan (h) adanya daerah batasan dan lingkungan. 

Siti Rogayah www.sitirogayah.com
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.33

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sistem yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top