Selasa, 08 Agustus 2017

Pengertian Motivasi

| Selasa, 08 Agustus 2017
Motivasi adalah alasan yang menyebabkan keadaan internal yang dapat mengakibatkan semangat, mengarahkan dan melihara suatu prilaku. Motivasi pada dasarnya bermakna kontekstual, mempunyai intensitas dan arah. Karena itu, motivasi dapat dipahami yang mendasarinya misalnya, motif biologis, motif kompetisi, motif yang dipelajari, motif berprestasi dan sebagainya. Motivasi dapat bersumber dari dalam diri dan bersumbur dari luar diri. Motifasi intrinsik (dari dalam diri) muncul karena individu senang melakukannya. 

Pengertian Motivasi

Motivasi mendorong dan memberi energy pada tingkah laku. Motivasi interinsik adalah dorongan terhadap prilaku individu yang bersumber dari luar dirinya. seseorang berbuat sesuatu karena dorongan dari luar dirinya seperti adanya reward dan menghindari adanya punisment. Motivasi interinsik dapat berubah menjadi motivasi interinsik.

Baca Juga 

Perbedaan esensial motivasi interinsik dan ekstrinsik seseorang adalah alasan orang tersebut bertindak. Artinya, apakah lokus of causality (letak penyebab) tindakan itu berada didalam atau diluar dirinya. bila letaknya internal, motivasinya interinsik: bila di luar motivasinya eksterinsik. Kebanyakan motivasi memiliki kedua elemen itu. Faktanya, motivasi interinstik dan eksterinsik mungkin merupakan dua kecenderungan yang indefenden, keduanya dapat beroperasi secara bersamaan dalam situasi tertentu. 

Sumber : Sitirogayah.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar