Selasa, 06 Juni 2017

Pengertian Materi Pembelajaran

| Selasa, 06 Juni 2017
Pengertian Materi Pembelajaran - Materi pembelajaran (instructional materials) adalah bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai siswa dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Materi Pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Pengertian Materi Pembelajaran

Materi ajar satu mata pelajaran dapat dibagi dalam beberapa modul, sesuai dengan KD yang ingin disediakan bahan ajarnya, yang dapat diberi label/ judul : Modul 1, Modul 2, dan seterusnya. Setiap modul disusun berdasarkan sistematika umum sebagai berikut: Menyusun Penata Awal (Advanced organizer), Uraian Materi, Tugas/Tagihan, dan Sumber. Selanjutnya dipaparkan sebagai berikut:

• Menyusun Penata Awal (Advanced organizer).
Penata awal berisikan uraian mengenai : (1) tujuan yang ingin dicapai dengan penyajian bahan pada bagian modul bersangkutan, dan (2) ringkasan materi .

• Uraian Materi
Pada uraian materi disusun secara sistematis sesuai dengan urutan indikator pencapaian/ tujuan yang ingin dicapai. Untuk menjaga sistematisasi dan penampilan uraian materi, dapat disusun dengan urutan judul-judul/sub yang secara hirarkhi kontent (isi) harus diperhitungkan oleh penulis.

Siti Rogayah - www.sitirogayah.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar