Tips Akurat Memperbanyak ASI

Sebagai seorang wanita yang telah menikah tentu akan merasa bahagia jika memiliki keturunan. Pastinya akan mendambakan seorang bayi kecil yang lucu dan gemesin, yang bakalan jadi penyejuk dan ketenangan hati setiap hari. Nah, tentunya jika menjadi seorang ibu, pasti kita akan selalu memberikan yang terbaik untuk si kecil. Mulai dari pakaiannya, tempat tidurnya hingga hal yang menjadi kebutuhannya ialah mendapatkan ASI (Air Susu Ibu). Seorang ibu menjadi sempurna ia mampu menyusui anak-anaknya hingga usia yang telah ditentukan. Lalu, bagaimana tips akurat memperbanyak ASI agar kebutuhan bayi saat menyusui terpenuhi? yuk tetap dibaca guys hingga selesai.

tips akurat memperbanyak asi
tips akurat memperbanyak asi


Menyusui sangat penting dilakukan bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan. Meskipun ada sebagian yang memilih untuk memberikan si bayi susu formula namun, ada juga yang memberikan ASI sejak ia baru saja dilahirkan. Karena bayi yang baru lahir jika kita kenalkan dengan ASI maka dia akan terbiasa dan mau mengisap payudara ibunya. Tentunya,dokter atau bidan ditempat bersalin akan memberikan si bayi kepada ibunya agar sentuhan ibunya terasa di badannya sehingga ia akan mengenal ibunya secara perlahan dan juga akan terbiasa untuk ASI. Yang mana peran ibu menyusui sangatlah penting. Tidak hanya bagi tumbuh kembang bayi, tetapi juga untuk kesehatan dirinya sendiri. Ada banyak manfaat menyusui, mulai dari mencegah infeksi penyakit hingga mengurangi depresi, hal ini harus menjadi pertimbangan bila ibu masih ragu untuk menyusui Si Kecil. Karena menyusui si kecil sangat baik dan bagus untuk kesehatan keduanya. 

Untuk yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat diberikan ASI kepada si kecil. Nah, pemberian ASI eksklusif sebaiknya dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan dan boleh diteruskan sampai usianya mencapai 2 tahun. Yang mana manfaat dari pemberian ASI ini dapat dirasakan hingga anak memasuki usia dewasa. Semakin lama Bunda memberikan ASI, semakin besar pula manfaat yang dapat diperoleh. Serta dapat disesuaikan dengan kenyamanan dan kondisi kesehatan masing ibu ya guys. Jadi, jika sang ibu bisa menyusui maka lakukanlah dan berikan ASI kepada si kecil.

 Ada beberapa manfaat ASI bagi bayi sebagai berikut :

1. Melancarkan pencernaan

ASI sering disebut sebagai perfect food karena mengandung nutrisi yang mudah dicerna oleh bayi, seperti protein, laktosa, dan lemak.

Selain baik untuk mendukung fungsi sistem pencernaannya yang masih berkembang, pemberian ASI juga baik untuk mencegah gangguan pencernaan pada bayi seperti konstipasi dan diare, terutama pada bayi yang terlahir prematur.

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi bayi

ASI mengandung beraneka ragam zat dan nutrisi lengkap, termasuk vitamin dan mineral, yang tidak dimiliki susu formula atau makanan lainnya. ASI dihasilkan melalui proses alami di dalam tubuh ibu dan mengandung komponen yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi. Dengan ASI yang awalnya si bayi lagi demam dan diberi ASI maka insya allah si bayi akan kembali sehat. Karena makanan dan minuman bayi saat lahir itu ialah ASI. Semakin terpenuhi ASI pada si kecil maka akan semakin sehat bayi.

3. Mencegah infeksi dan berbagai penyakit

Selama menyusui, bunda akan memberikan berbagai nutrisi kepada bayi melalui ASI, termasuk zat antibodi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Zat antibodi yang bersumber dari ASI ini tidak dapat digantikan dengan pemberian susu formula.

Antibodi utama dalam ASI disebut imunoglobulin A (IgA). Zat ini paling banyak terkandung di dalam kolostrum dan dapat melindungi tubuh bayi dari infeksi. Selain itu, IgA juga dapat mengurangi risiko bayi terkena berbagai penyakit, seperti diare, asma, alergi, obesitas, dan diabetes.

4. Meningkatkan kecerdasan otak

Adanya hubungan pemberian ASI dan perkembangan kognitif anak. Anak-anak yang diberi ASI eksklusif ketika bayi terlihat memiliki tingkat kecerdasan aPtau IQ yang lebih tinggi daripada anak yang tidak disusui.

Meski demikian, tingkat kecerdasan seorang anak juga dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pola asuh dan lingkungan keluarga.

Lalu, Bagaimana tips akurat memperbanyak ASI guys? Biasanya yang dapat dilakukan seorang bunda/ibu selama di rumah sehingga dengan dilakukannya hal tersebut maka dapat memperbanyak ASI. Apa saja tipsnya?

1. Melakukan Olahraga yang Ringan

Meskipun sudah memiliki anak seorang ibu haruslah melakukan olahraga kecil atau menggerakkan badannya hingga ibu akan semakin kuat dan membuat pikiran akan hilang. Hal tersebut dapat memperbanyak ASI. Karena Olahraga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Yang penting bunda dapat menyisihkan waktu khusus untuk berolahraga ringan di rumah, atau melakukannya di sela berbagai aktivitas.

2. Wall Push-Up

Olahraga ini gampang sekaligus aman bagi ibu menyusui. Mamsi hanya membutuhkan dinding sebagai tumpuan. Mamsi cukup berdiri menghadap dinding, renggangkan kaki selebar bahu, dan tempelkan kedua telapak tangan di dinding.

Condongkan tubuh ke arah dinding hingga tangan menekuk, tetapi pertahankan posisi kaki, lalu tarik tubuh ke belakang hingga tangan lurus. Ulangi gerakan ini selama beberapa

 3. Makan makanan sayur dan makanan yang bergizi

Makanan yang dimakan ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas ASI. Adapun sayuran yang membuat ASI banyak ialah bunda dapat makan jantung pisang. Perbanyak makan sayur bayam serta minum susu lacta. 

Saat menyusui buatlah posisi senyaman mungkin agar ASI bisa keluar dengan lancar, misalnya dengan menambah bantal penyangga.

Hindari pemakaian sabun, losion, atau krim yang mengandung alkohol di sekitar puting payudara untuk mencegah keretakan atau iritasi kulit.

Usahakan untuk memompa ASI setiap kali payudara terasa penuh.

Nah, itu tips akurat memperbanyak ASI. Semangat ng-ASI para bunda semuanya. Semoga si kecil selalu sehat dan makin cerdas dan pintar.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.09

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Akurat Memperbanyak ASI yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top