Pengertian Antivirus

Pengertian Antivirus - Antivirus merupakan software utility atau yang membantu untuk memberikan keamanan komputer terhadap serangan virus. Jenis virus ada banyak diantaranya Worm, Trojan, Backdoor, dan lain-lain. Walaupun komputer kita telah diinstal antivirus, terkadang masih saja terserang oleh virus-virus. Virus-virus ini dapat merusak data atau file pada komputer dan dapat mengacaukan sistem operasi pada komputer kita. Oleh karena itu, harus dilakukan update (diperbaharui) antivirus yang sudah diinstall pada komputer sesering mungkin. Selain itu berhati-hatilah dalam menggunakan disket dan flash disk dari komputer lain.

Berbagai program antivirus

Antivirus

Antivirus Android

Untuk meningkatkan keamanan komputer dari serangan virus maupun hacker diperlukan perangkat lunak, seperti antivirus dan firewall. Virus adalah sebuah program yang menyusup dan dapat berkembangbiak dengan sendirinya dalam media penyimpanan komputer. Virus yang menyerang komputer jenisnya bervariasi baik virus lokal sampai jaringan. Saat ini telah banyak sekali berkembang perangkat lunak antivirus, seperti Norton Antivirus, McAfee, Panda Titanium, AVG, PC-Cillin, dan sebagainya.

Antivirus yang dikembangkan oleh Symantec, yaitu Symantec AntiVirus, Norton AntiVirus. Symantec telah mengembangkan antivirus untuk kebutuhan komputer pribadi (profesional) seperti Norton AntiVirus Profesional hingga untuk kebutuhan jaringan komputer seperti Norton AntiVirus Enterprise / Corporation.

Komputer yang kita gunakan sangat memerlukan antivirus, terutama pada komputer yang terhubung dengan jaringan LAN dan internet. Laboratorium komputer untuk sekolah yang sudah terhubung jaringan dianjurkan untuk membuat atau memasang software perlindungan yaitu antivirus dan firewall. Menggunakan komputer dalam jaringan tanpa memberikan proteksi terhadap virus sama saja dengan Anda mengirimkan prajurit ke medan pertempuran tanpa dibekali persenjataan.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari serangan virus adalah:
  1. Memberikan proteksi komputer dengan antivirus, langkah ini merupakan awal untuk memberikan perlindungan komputer terhadap serangan virus, baik virus lokal, maupun virus jaringan. Anda dapat menggunakan antivirus yang banyak beredar, seperti: Norton Antivirus, McAfee VirusScan, AVG, PC-Cillin, PC-Tolls Antivirus, Panda Titanium Antivirus.
  2. Melakukan update antivirus dan databasenya, setelah Anda menginstall komputer dengan antivirus, maka hal  yang tidak boleh terlupakan adalah untuk selalu mengupdate database antivirus terbaru. Hal ini diperlukan karena perkembangan virus dan antivirus saling kejar mengejar. Apabila anda tidak melakukan update, maka virus-virus baru tidak akan dapat terdeteksi oleh antivirus. Lakukan update minimal satu minggu sekali.
  3. Berhati-hati tehadap file kiriman atau file hasil download, virus dapat menyebar melalui file-file, untuk itu berhati-hatilah terhadap file-file baru yang Anda dapatkan dari hasil download atau kiriman melalui email. Sebaiknya jangan langsung menjalankan file kiriman atau download tersebut, tetapi lakukan scanning dengan antivirus.
  4. Mengetahui kondisi dan kinerja komputer, kinerja komputer biasanya hanya dapat mengetahui keganjilan-keganjilan yang terjadi terhadap komputer sendiri. Misalnya kinerja komputer menjadi lambat, sering terjadi hang, melakukan restart sendiri dan lain sebagainya. Waspadailah mungkin gejala-gejal tersebut diakibatkan oleh virus.
  5. Melakukan backup data secara rutin, data-data atau file-file yang memang sangat penting sebaiknya Anda backup secara rutin. Kita pasti tidak menginginkan file kita hilang atau rusak akibat serangan virus. Anda dapat membackup file-file penting ke dalam CD, flash disk, atau harddisk eksternal.




Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.49

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Antivirus yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top