Pengertian Tumbuhan Berbiji

Pengertian Tumbuhan Berbiji - Kebanyakan tumbuhan yang dijumpai di sekitar lingkungan adalah tumbuhan berbiji. Dikatakan tumbuhan berbiji karena tumbuhan tersebut menghasilkan biji. Para ahli botani tertarik pada tumbuhan berbiji bukan hanya karena jumlahnya yang dominan, tetapi juga karena tingkat keanekaragaman jenis dan peranannya yang menonjol dalam kehidupan.

Tumbuhan Berbiji Terbuka
Tumbuhan Berbiji Tertutup

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta; spermatofita; kormofita berbiji) merupakan tumbuhan kormus sejati. Tubuh spermatofita dapat dibedakan menjadi tiga bagian pokok, yaitu akar, batang, dan daun. Selain itu, tubuh spermatofita memiliki modifikasi dari bagian-bagian pokok tersebut.

Salah satu bagian tubuh tumbuhan yang telah mengalami perkembangan sedimikian rupa adalah sporofil sehingga sifatnya sebagai daun hamper hilang sama sekali. Sporofil yang telah terangkai dalam berbagai bentuk kumpulan sporofil akan membentuk organ yang disebut dengan bunga. Oleh sebab itu, golongan tumbuhan berbiji disebut pula Anthophyta atau tumbuhan berbunga (Yunani, anthos = bunga; phyton = tumbuhan).

Ciri khas spermatofita adalah adanya biji yang dihasilkan oleh organ bunga biji dihasilkan melalui peristiwa pembuahan atau fertilisasi dari sel-sel kelaminnya pada organ bunga inilah dikenal adanya peristiwa seksual pada tumbuhan. Atas dasar peristiwa tersebut, Eichter menyebut kelompok tumbuhan berbiji dengan Phanerogamae (Yunani, phaneros = tampak jelas; gamein = kawin).

Tumbuhan berbiji memiliki jaringan pembulu yang bervariasi. Jaringan pembulu berfungsi untuk mengangkut air, mineral, makanan, dan bahan-bahan lainnya dalam tumbuhan. Jaringan pembuluh yang berperan untuk mengangkut air dan mineral disebut xylem, sedangkan jaringan pembuluh yang berperan untuk mengangkut bahan makanan disebut floem.

Tumbuhan berbiji dapat bereproduksi secara aseksual (vegetative) dan seksual (generative). Reproduksi vegetative dilakukan oleh organ vegetative, sedangkan reproduksi generative dilakukan oleh organ generative (bunga) dengan cara membentuk biji.

Reproduksi vegetatif merupakan cara reproduksi tanpa melibatkan gamet jantan dan gamet betina. Tumbuhan yang bereproduksi secara vegetatif akan menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik. Reproduksi vegetatif dapat terjadi secara alami atau buatan (artifisial).

Reproduksi generative merupakan cara reproduksi yang melibatkan gamet jantan dan gamet betina. Pada reproduksi generative biasanya terjadi proses penyerbukan dan pembuahan. Proses penyerbukan pada tumbuhan berbiji tertutup berbeda dengan penyerbuka pada tumbuhan terbuka.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.07

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tumbuhan Berbiji yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top