Pengertian Ikan



Pengertian Ikan - Ikan adalah seluruh anggota kelompok ikan hidup di air. Ikan bereproduksi secara ovivar. Dalam hal ini, ikan mengeluarkan ovum dan sperma ke dalam air sehingga terjadi fertilisasi. Fertilisasi dan perkembangan embrio berlangsung di luar tubuh induk betina.


Ikan Arwanah

Ikan Hias Nemo

Ikan terbagi beberapa kelas, yaitu kelas Agnatha (ikan tanpa rahang), Gnathostomata (ikan berahang), Chondrichthyes (ikan bertulang rawan), dan Osteichthyes (ikan bertulang sejati). Tubuh ikan bagian luar dilindungi oleh sisik (skuama). Pada lapisan bawah sisik terdapat kulit yang banyak mengandung mukosa. Suhu tubuh ikan bergantung pada lingkungan di sekitarnya atau bersifat poikiloterm. Hal tersebut dimungkinkan karena ikan belum memiliki organ pengatur suhu tubuh. Pada bagian sisi tubuh terdapat gurat sisi. Alat ini berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air dan kedudukannya di dalam air.

Ikan memiliki banyak sirip. Sirip ikan terdiri atas dua sirip dada, dua sirip perut, satu sirip punggung, satu sirip belakang, dan satu sirip ekor. Sirip ekor ada beberapa tipe, yaitu homoserkal (ikan mujair dan ikan mas), dipeserkal (hiu), heteroserkal (ikan cucut), dan protoserkal.

Ikan telah memiliki saluran dan kelenjar pencernaan makanan. Saluran pencernaan ikan meliputi rongga mulut, faring, kerongkongan, lambung dan usus. Di salam rongga mulut terdapat gigi berbentuk kerucut (konus), lidah yang tidak dapat digerak-gerakkan, dan kelenjar mukosa. Ikan tidak memiliki kelenjar ludah. Usus ikan berbentu pembuluh yang berkelok-kelok. Pada usus terdapat alat penggantung usus, disebut mesentrium.

Kelenjar pencernaan makanan ikan terdiri atas hati dan pancreas. Hati berfungsi menghasilkan cairan empedu yang digunakan untuk mencerna lemak. Pankreas bersifat mikroskopik dan berfungsi untuk menghasilkan enzim-enzim pencernaan.

Saluran urine dan saluran kelamin pada ikan bergabung menjadi satu sehingga disebut system urogenitalia. Alat ekskresi terdiri atas ginjal, ureter, kantong kemih, dan porus ekskretorius. Kelenjar kelamin (gonad) ikan terdiri atas gonad jantan (testis) dan gonad betina (ovarium). Testis berfungsi untuk menghasilkan spermatozoid, sedangkan ovarium menghasilkan sel telur.

Alat pernafasan ikan berupa insang (brankia). Insang terdiri atas lengkung insang (arkusbrankialis) dan lembaran insang (hemibrankia) yang mengandung banyak kapiler darah. Lembaran insang yang melekat pada lengkung insang disebut holobrangkia. Ikan memiliki alat bantu pernapasan, disebut gelembung renang (vesika natatoria atau pneumatosista). Alat ini berbentuk oval dan berisi gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida. Selain itu, pneumatosista juga berfungsi sebagai alat hidrostatis. Dengan adanya pneumatosissta ikan dapat mengetahui daya berat badannya di suatu tempat dan dapat menentukan tinggi-rendah posisinya di dalam air. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.06

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Ikan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top