Pengertian Filum Arthropoda

Pengertian Filum Arthropoda - Nama filum Arthropoda berasal dari kata arthros = ruas, podos = kaki. Jadi, Antropoda adalah kelompok hewan yang memiliki kaki beruas-ruas. Arthropoda merupakan filum terbesar dalam dunia hewan. Arthropoda dapat ditemukan di mana-mana, antara lain di air, darat, di dalam tanah, dan ada juga yang hidup sebagai parasite pada hewan dan tumbuhan.

Filum Anthropoda

Filum Anthropoda

Arthropoda merupakan hewan triploblastic selomata. Anggota kelompok hewan ini memiliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Tubuh simetris bilateral terdiri atas kepala, dada, dan abdomen. Tubuh dibungkus oleh zat kitin yang berfungsi sebagai rangka luar (eksoskeleton).

Artropoda adalah filum yang paling besar dalam dunia hewan dan mencakup serangga, laba-laba, udang, lipan, dan hewan sejenis lainnya. Artropoda biasa ditemukan di laut, air tawar, darat, dan lingkungan udara, termasuk berbagai bentuk simbiosis dan parasit. Kata artropoda berasal dari bahasa Yunani árthron, "ruas, buku, atau segmen", dan pous (podos), "kaki", yang jika disatukan berarti "kaki berbuku-buku"). Artropoda juga dikenal dengan nama hewan berbuku-buku.

Pada setiap ruas terdapat bagian yang tidak berkitin sehingga ruas-ruas tersebut mudah digerakkan. Pada waktu tertentu Arthropoda dapat mengelami pergantian kulit atau disebut ekdisis atau molting. Arthropoda memiliki system pencernaan yang sempurna. Saluran pencernaan dimulai dari mulut yang sudah dilengkapi dengan rahang sehingga berakhir pada saluran pengeluaran, yaitu anus. Sistem peredaran darahnya terbuka. Darah berwarna biru karena adanya zat hemosianin.

Arthropoda bernafas dengan trakea, insang, paru-paru buku, atau melalui seluruh permukaan tubuhnya. Sisa metabolisme biasa diekskresi melalui pembuluh Malpighi yang bermuara pada usus. Pada umumnya, reproduksi dilakukan secara seksual, tetapi juga ada secara aseksual, yaitu dengan parthenogenesis. Arthropoda bersifat gonokoris. Sistem sarafnya berupa tangga tali.

Arthropoda telah memiliki alat pencernaan yang sempurna. Alat respirasinya berupa insang, trakea, paru-paru buku, atau permukaan tubuh. Ekskresi dengan menggunakan organ badan Malpighi atau nefridia. Alat kelamin jantan dan betina terpisah pada masing-masing individu. Terdapat pula spesies yang mampu melakukan partenogenesis, yaitu sel telur yang mampu berkembang menjadi individu tanpa dibuahi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.54

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Filum Arthropoda yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top