Pengertian Sosialisme

Pengertian Sosialisme - Sosialisme berasal dari kata socius yang artinya masyarakat. Sosialisme adalah paham yang bertujuan untuk membentuk kemakmuran kolektif yang produktif dan membatasi milik perseorangan. Hal ini membedakan sosialisme dan kapitalisme yang menekankan kemakmuran dari usaha individu. Ciri utama sosialisme adalah pemerataan kemakmuran dan penghapusan kemiskinan. Oleh karena itu, sosialisme menentang adanya ketimpangan sosial, baik karena adanya system feodalisme maupun yang tercipta akibat adanya persaingan bebas.

Pngrtian Sosialism

Sosialisme
Sosialisme muncul sebagai reaksi dari faham liberalism ekonomi dan kapitalisme modern yang muncul akibat revolusi Industri. Beberapa tokoh yang sangat gigih dalam memperjuangkan perkembangan paham sosialisme antara lain Robert Owen, Saint Simon, Charles Fourier, dan Karl Marx.

Paham sosialisme muncul setelah terjadinya Revolusi Industri di Inggris. Revolusi Industri telah menciptakan ketimpangan kemakmuran antara golongan borjuis (majikan) dengan golongan proletar (buruh). Kaum borjuis berhasil mendapatkan keuntungan yang sangat besar sehingga berada pada taraf kemakmuran yang tinggi. Sebaliknya kaum buruh hidup menderita di rumah-rumah kumuh dengan upah rendah. Kemakmuran itu juga telah meningkatkan angka kriminalitas. Oleh karena itu, muncul gerakan untuk memperbaiki nasib kaum buruh yang dikenal dengan Revolusi Sosial.

Sosialisme atau sosialis adalah sistem sosial dan ekonomi yang ditandai dengan kepemilikan sosial dari alat-alat produksi dan manajemen koperasi ekonomi, serta teori politik dan gerakan yang mengarah pada pembentukan sistem tersebut. "Kepemilikan sosial" bisa merujuk ke koperasi, kepemilikan umum, kepemilikan negara, kepemilikan warga ekuitas, atau kombinasi dari semuanya. Ada banyak jenis sosialisme dan tidak ada definisi tunggal secara enskapitulasi dari mereka semua. Mereka berbeda dalam jenis kepemilikan sosial yang mereka ajukan, sejauh mana mereka bergantung pada pasar atau perencanaan, bagaimana manajemen harus diselenggarakan dalam lembaga-lembaga yang produktif, dan peran negara dalam membangun sosialisme.

Inti dari paham sosialisme adalah suatu usaha untuk mengatur masyarakat secara kolektif. Artinya semua individuharus berusaha memperoleh layanan yang layak demi terciptanya suatu kebahagiaanbersama. Hal ini berkaitan dengan hakikat manusia yang bukan sekedar untukmemperoleh kebebasan, tetapi manusia juga harus saling tolong-menolong. Ciri utama sosialisme adalahpemerataan sosial dan penghapusan kemiskinan. Ciri ini merupakan salah satufaktor pendorong berkembangnya sosialisme. Hal ini ditandai dengan penentanganterhadap ketimpangan kelas-kelas sosial yang terjadi pada negara feodal.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.23

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sosialisme yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top