Pengertian Asam Deoksiribonukleat (ADN)


Pengertian Asam Deoksiribonukleat (ADN) - Asam Deoksiribonukleat atau disingkat ADN merupakan persenyawaan kimia yang paling penting pada mahluk hidup, yang membawa keterangan genetic dari sel khususnya atau dari mahluk dalam keseluruhannya dari satu generasi ke generasi berikutnya. ADN sangat menarik perhatian para Biologiwan modern dalam abad ini, seperti halnya ahli kimia serta fisika tertarik pada atom. Oleh karena ADN sangat erat hubungannya dengan hampir semua aktivitas biologis, maka banyak sekali penyelidikan telah dilakukan, bahkan kini masih lama berjalan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang ADN. ADN menempati tempat yang utama dalam sitologi (ilmu hal sel), genetika biologi, molekul, mikrobiologi, biologi perkembangan, biokimia dan evolusi.

Asam Deoksiribonukleat  (ADN)

Asam Deoksiribonukleat  (ADN)

Asam Deoksiribonukleat  (ADN)
Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan singkatan ADN (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus. Instruksi-instruksi genetika ini berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi organisme dan virus. ADN merupakan asam nukleat; bersamaan dengan protein dan karbohidrat, asam nukleat adalah makromolekul esensial bagi seluruh makhluk hidup yang diketahui. Kebanyakan molekul ADN terdiri dari dua unting biopolimer yang berpilin satu sama lainnya membentuk heliks ganda. Dua unting ADN ini dikenal sebagai polinukleotida karena keduanya terdiri dari satuan-satuan molekul yang disebut nukleotida. Tiap-tiap nukleotida terdiri atas salah satu jenis basa nitrogen (guanina (G), adenina (A), timina (T), atau sitosina (C)), gula monosakarida yang disebut deoksiribosa, dan gugus fosfat
  1. ADN adalah resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Persis seperti setiap bangunan gedung yang ada cetak birunya masing-masing (sumber: imperiumindonesia.blogspot.com).
  2. ADN singkatan dari deoxyribonucleic acid, yaitu suatu molekul yang terdapat dalam sel semua makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mulai dari bakteri sampai manusia memiliki ADN (sumber: untukku.com).
  3. Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan ADN (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme (sumber: id.wikipedia.org).
  4. DNA, kepanjangan dari Deoxyribo Nucleic Acid, merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. ADN inilah yang menentukan jenis rambut, warna kulit dan sifat-sifat khusus dari manusia (sumber: kesehatan707.blogspot.com).
  5. Asam deoksiribonukleat (ADN) adalah asam nukleat yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup dan beberapa virus (sumber: news-medical.net).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.42

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Asam Deoksiribonukleat (ADN) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top