Pengertian Lup

Pengertian Lup - Salah satu optik yang paling sederhana adalah lup atau kaca pembesar. Lup merupakan sebuah lensa cembung yang berfungsi memperbesar bayangan benda-benda kecil yang diamati. Kita dapat memahami cara kerja pembesaran bayangan oleh lup dengan melihat diagramnya.
Lup

Proses Lup

Ukuran bayangan yang terbentuk pada retina bertambah besar ketika ketika benda dibawah lebih dekat ke mata. Namun demikian, mata kita tidak dapat memfokuskan bayangan dengan baik ketika benda berada lebih dekat dari titik dekat. Jika kita menggunakan lensa cembung 

Walaupun benda pada jarak s yang lebih kecil dari titik dekat, bayangan yang terbentuk adalah pada titik dekat mata. Mata kita menggunakan bayangan ini sebagai benda (objek).

Untuk mengakar pembesaran bayangan yang dihasilkan lup, terdapat dua besaran yang bisa dipakai, yaitu pembesaran linear M didefinisikan sebagai jarak bayangan dibagi dengan jarak benda 

Lup adalah alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung dipergunakan untuk melihat benda kecil agar tampak lebih jelas atau lebih besar dari ukuran sebenarnya. Lensa cembung pada lup akan membentuk bayangan maya yang diperbesar dari sebuah benda yang diletakkan di antara titik fokus (f) dengan titik pusat lensa. Benda dapat diamati dalam dua keadaaan, yaitu ketika mata berakomodasi maksimum dan mata berakomodasi  tidak maksimum. Pada saat mata berakomodasi maksimum, benda harus diletakkan di antara lensa dan titik fokus. Sedangkan, pengamatan benda dengan mata tidak berakomodasi benda harus diletakkan tepat di titik fokus lup. 

Ulasan di atas dapat diterapkan pada persoalan lain. Jika anda menemukan suatu tulisan yang sangat kecil sehingga anda sulit membaca, apa yang anda lakukan agar dapat membaca tulisan tersebut ? Berpedoman pada ulasan di atas, anda mungkin mendekatkan tulisan ke mata agar sudut yang terbentuk antara tulisan dengan mata lebih besar, sehingga tulisan menjadi lebih besar dan dapat dibaca. Perlu disadari bahwa titik dekat mata normal atau jarak terdekat yang dapat difokuskan mata normal adalah 25 cm karenanya jika jarak antara tulisan dan mata lebih kecil dari 25 cm maka tulisan tampak kabur. Tulisan yang dapat terbaca dari jarak 25 cm saja tampak kabur ketika didekatkan hingga jarak antara tulisan dengan mata lebih kecil dari 25 cm, apalagi tulisan yang tidak dapat terbaca dari jarak 25 cm ? Lalu bagaimana caranya agar tulisan yang mempunyai ukuran huruf sangat kecil tersebut dapat terbaca ? Tentu saja anda membutuhkan bantuan alat optik yang dapat memperbesar tulisan tersebut.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.28

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Lup yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top