Pengertian Kebutuhan dan Tipe Dermaga

Pengertian Kebutuhan dan Tipe Dermaga - Dermaga adalah pelabuhan di mana kapal-kapal bersandar untuk melakukan kegiatan muat dan menurunkan barang atau penumpang (Pelabuhan Indonesia, 2000). Dermaga terbuat dari beton atau kayu. Dermaga ini menjamin kelancaran, keamanan dan keselamatan bongkar muat barang dan menaikturunkan penumpang. Dimensi dermaga berdasarkan pada jenis dan ukuran kapal yang merapat dan tambat pada dermaga tersebut, sehingga kapal dapat sandar dan bongkar muat dengan aman, cepat dan lancar.
Dermaga

Dermaga
Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dermaga (UNCT AD, 2000) di antaranya adalah:
  1. Besarnya ukuran atau kapasitas kapal (gross tonnage) merupakan salah satu parameeter penting untuk menentukan kebutuhan dermaga. 
  2. Jumlah kunjungan kapal merupakan faktor yng penting pula, hal ini dikaitka dengan tingkat pelayanan kapal di dermaga.
Dalam garis besarnya, beberapa bentuk dasar tipe dermaga dapat di kemukakan sebagai berikut:
  • Dermaga memanjang merupakan dermaga yang bagian permukaannya adalah sejajar dengan garis pantai. Kapal-kapal yang akan bersandar berderet memanjang. Tambatan ini di bangun bila garis kedalaman kolam pelabuhan hampir sejajar dengan garis pantai.
  • Dermaga yang menyerupai jari merupakan dermaga yang di bangun mengikuti bentuk daratan yang menjorok kelaut, demikian pula kedalaman kolamnya.
  • Dermaga pier adalah dermaga yang di bangun bila garis kedalaman jauh dari pantai dan perencanaan pembangunan tidak menginginkan adanya pengaruh kolam pelabuhan. Antara dermaga dan pantai dihubungkan dengan jembatan pemghubung (trestile) yang digunakan untuk pergerakan barang.
Jenis demaga
  1. Dermaga barang umum, adalah dermaga yang diperuntukkan untuk bongkar-muat barang umum/general cargo ke atas kapal.
  2. Dermaga peti kemas, dermaga yang khusus diperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas. Bongkar muat peti kemas biasanya menggunakan kran (crane)
  3. Dermaga curah, adalah dermaga yang kusus digunakan untuk bongkar-muat barang curah yang biasanya menggunakan ban berjalan (conveyor belt)
  4. Dermaga khusus, adalah dermaga yang khusus digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar gas dan lain sebagainya.
  5. Dermaga marina, adalah dermaga yang digunakan untuk kapal pesiar, speed boat.
  6. Demaga kapal ikan, adalah dermaga yang digunakan oleh kapal ikan

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.02

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kebutuhan dan Tipe Dermaga yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top