Pengertian Makanan Seimbang

Pengertian Makanan Seimbang - Makanan yang baik adalah makanan yang sehat, yaitu makanan yang  bergizi dan seimbang. Makanan bergizi dan seimbang adalah makanan yang mengandung enam zat makanan yang diperlukan oleh tubuh kita, yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air.
Makanan Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna


Makanan Seimbang Piramida Makanan

Makanan yang seimbang adalah makanan yang mengandung zat penghasil energy (karbohidrat dan lemak) seimbang dengan zat pelindung, yaitu vitamin dan mineral. Keseimbangan yang baik antara zat-zat makanan tersebut adalah satu porsi protein, satu porsi lemak, dan empat porsi karbohidrat. Di samping itu, keseimbangan juga mencakup sumbernya, yaitu cukup akan sayuran hijau yang kaya akan mineral, vitamin serta serat.

Setiap hari kita melakukan aktivitas. Untuk aktivitas tersebut diperlukan energy yang berasal dari makanan yang kita makan. Jumlah energy yang diperlukan sesuai dengan berat ringannya aktivitas yang kita makan. Jumlah energy yang diperlukan sesuai kita makan harus seimbang dengan energy yang kita keluarkan. Energi yang dikandung makanan tidak boleh lebih atau kurang dengan yang kita butuhkan.

Apabila makanan yang kita makan mengandung energy yang lebih dari yang dibutuhkan, zat makanan akan disimpan dalam bentuk lemak. Kalau hal ini berlangsung terus-menerus, akan terjadi kegemukan. Orang yang terlalu gemuk tidak baik untuk kesehatan karena mudah terserang penyakit.

Gangguan kesehatan juga akan terjadi apabila dalam melaksanakan kita kekurangan zat makanan tertentu. Secara umum orang yang mengalami kekurangan zat makanan tertentu akan mengalami gangguan kesehatan atau mengalami penyakit defesiensi. Penyakit defisiensi artinya penyakit yang diebabkan oleh kekurangan suatu zat misalnya kekurangan protein, kekurangan vitamin A, kekurangan vitamion C, kekurangan zat besi, dan kekurangan zat iodium.

Kekurangan bahan makanan pokok seperti lemak, karbohidrat, dan protein akan menyebabkan tubuh lemah kurang bertenaga. Penyakit yang timbul karena kekurangan makanan sering disebut kekurangan kalori protein (KKP). Akibat kekurangan energy, orang yang menderita KKP akan menjadi kurus, tampak letih, lemah, dan lesu. Di samping itu, daya tahan tubuh juga rendah sehingga orang yang mengalami KKP akan mudah terserang penyakit.

Masih banyak lagi berbagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat tertentu. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, yaitu rabun senja. Apabila gangguan ini terus berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan mata total, yaitu xeroftalmia. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan, yaitu skorbut. Skorbut ditandai oleh gusi mudah berdarah, gigi mudah goyah, sariawan, dan apabila terjadi luka penyembuhannya lambat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.33

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Makanan Seimbang yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top