Pengertian Hadis Qudsiy

Pengertian Hadis Qudsiy - Rasul SAW kadang menyampaikan kepada para sahabat nasehat-nasehat dalam bentuk wahyu, akan tetapi wahyu tersebut bukanlah bagian dari ayat Al-Quran. Itulah yang biasa disebut dengan Hadis Qudsiy atau sering juga disebut dengan Hadis Ilahi atau Hadis Rabbany. Yang dimaksud dengan Hadis Qudsiy yaitu: Setiap hadis yang rasul menyandarkannya perkataannya kepada Allah'Azza wa Jalla.

Pengertian lain yang semakna dengan pengertian di atas adalah sesuatu yang dikhabarkan Allah Ta'ala kepada Nabi-Nya dengan melalui ilham atau impian yang kemudian Nabi menyampaikan makna dari ilham tersebut dengan ungkapan kata beliau sendiri.

Jumlah hadis qudsiy menurut Syihab Al-Din ibn Hajar Al-Haytami dalam Kitab Syarah Arba'in Al-Nawawiyah" tidak cukup banyak, yaitu berjumlah lebih dari seratus hadis. Hadis Qudsiy ini biasanya bercirikan sebagai berikut:

  1. ada redaksi hadis qala/yaqulu Allahu
  2. ada redaksi fi ma rawa/yarwihi anillahi tabaraka wa ta'ala 
  3. dengan redaksi lain yang semakna dengan redaksi di atas, setelah selesai penyebutan rawi yang menjadi sumber pertamanya, yakni sahabat.
Bila tidak ada tanda-tanda demikian, biasanya termasuk hadis nabawi. Dari Abi Dzarr, dari Nabi SAW, Allah SAW berfirman: Wahai hamba-hambaku, sungguh Aku mengharamkan kezaliman pada diri-Ku, (oleh karena itu) Aku menjadikannya di antara kamu sekalian hal-hal yang diharamkan, maka dari janganlah kalian pada berbuat zalim. (HR Muslim). 

Perbedaan hadis Qudsiy dengan Al-Qur'an:
  • Semua lafazh al-Qur'an adalah mutawatir, terjaga dari perubahan dan pergantian karena ia mukjizat, sedang hadis Qudsiy tidak demikian.
  • Ada larangan periwayatan al-Qur'an dengan makna, sementara hadis tidak.
  • Ketentuan hukum bagi al-Qur'an tidak berlaku bagi hadis Qudsiy, seperti larangan membacanya bagi orang yang sedang berhadas, baik kecil maupun besar.
  • Dinilai ibadah bagi yang membaca al-Qur'an sementara pada hadis Qudsiy tidak demikian.
  • Al-Qur'an bisa dibaca untuk shalat sementara hadis qudsi tidak berlaku demikian.
  • Proses pewahyuan alat-alat al-Qur'an dengan makna dan lafazh yang jelas-jelas dari Allah, sedangkan hadis Qudsiy maknanya dari Allah sementara lafazhnya dari nabi sendiri.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 21.18

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hadis Qudsiy yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top